Pixel Code jatimnow.com

Cerita Idul Adha di Kampung Tangguh Sidoarjo, Ada Keajaiban Jelang Malam Takbir

Editor : Yanuar D   Reporter : Ahaddiini HM
Suasana Idul Adha di Kampung Tangguh, Krian Sidoarjo. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com)
Suasana Idul Adha di Kampung Tangguh, Krian Sidoarjo. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com)

jatimnow.com - Suasana haru di momen Idul Adha terasa di Kampung Tangguh Dusun Semampir RW 06, Desa Sidorejo, Krian Sidoarjo. Ada keajaiban luar biasa menjelang malam takbir.

Ketua RW 06 Dusun Semampir, Desa Sidorejo Sutrisno menyampaikan, keajaiban ini berawal dari laporan Ketua RT dan pengurus musala Nurul Huda kepadanya, jika tidak ada hewan kurban di tahun ini.

"Setelah mendengar hal tersebut saya segera berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menawarkan Kampung Tangguh bersedia menerima penyembelihan hewan qurban, namun dari koordinasi tersebut hanya mendapatkan 1 ekor kambing," Sutrisno mengawali ceritanya, pada Senin (17/6/2024).

Pada H-2 hari Sabtu-Minggu ia kemudian memerintahkan seluruh pengurus Kampung Tangguh mulai dari Ketua RT, BPD, LPM, Kasun, Ketua Kartar menghimbau warga yang mampu untuk menjalankan ibadah Puasa Arafah.

"Dengan harapan apabila tidak ada warga yang berkurban minimal warga juga mampu mendapat pahala karena menurut riwayat Abu Qotadah, berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang," imbuhnya.

Kemudian, H-1 di hari Minggu menjelang takbir berkumandang ketua RT dan takmir musala melaporkan bahwa ada donatur yang bersedia menyembelih 1 ekor sapi.

Dia juga mendapat telepon bahwa ada 5 donatur yang bersedia berkurban di Kampung Tangguh, kemudian dari BMH Sidoarjo juga memberikan 3 ekor kambing sehingga total keseluruhan 1 ekor sapi dan 9 ekor kambing.

Baca juga:
PKS Jatim Sebar 200 Ribu Paket Daging di Momen Idul Adha 2024

“Subhanallah, setelah mendengar informasi tersebut saya segera membentuk panitia kurban. Dengan penuh linangan air mata kebahagian dan isak haru ribuan do'a dipanjatkan kepada Alloh SWT," tuturnya.

Sebagai ucapan rasa syukur atas keajaiban tersebut, warga kemudian mengelar acara takbir keliling.

"Sungguh kami tidak menyangka bahwa Allah SWT telah mengabulkan doa kami dan warga, dimana dalam 1 malam kami telah mendapatkan bantuan 1 ekor sapi dan 8 ekor kambing ditambah 1 ekor kambing yang sudah ada sebelumnya," tuturnya.

Baca juga:
DPD NasDem Surabaya Bagikan 718 Paket Daging Kurban pada Idul Adha 1445 Hijriyah

"Hal ini menunjukkan bahwa kuasa Allah SWT akan selalu ada dalam setiap langkah kita untuk mengabulkan harapan dan doa selama kita melakukan dengan niat yang tulus dan iklas," pungkas Sutrisno

Sementara itu salah satu warga, Agus mengaku sangat terharu hingga menangis setelah melihat kuasa Allah SWT yang telah diberikan kepada warga Kampung Tangguh.

"Ini akan menjadi cerita tersendiri untuk anak-anak kami nantinya bahwa dengan doa dan pengorbanan kesabaran Allah SWT akan mengabulkan doa dan harapan kita," tutupnya.