Pixel Code jatimnow.com

PAN dan Demokrat Jatim Berkoalisi di 15 Daerah pada Pilkada Serentak 2024

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Ni'am Kurniawan
Silaturahim DPD Demokrat ke Kantor DPW PAN Jatim (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Silaturahim DPD Demokrat ke Kantor DPW PAN Jatim (Foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

jatimnow.com - DPW PAN Jatim sepakat berkoalisi dengan DPD Demokrat di 15 Daerah pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. 

Kesepakatan keduanya terjalin usai Demokrat Jatim melakukan silaturahim ke Kantor DPW PAN, Rabu (19/6/2024) malam.

"Dari hasil diskusi tadi ada lebih 50 persen sekitar 15-an lebih yang sudah fix dan juga di luar 15 ada irisannya kemungkinan dalam proses dinamika kedepan akan menjadi sama," kata Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig, kepada wartawan.

Namun dari 15 itu, ada beberapa yang masih menunggu kesepakatan sembari melihat konstelasi politik dari masing-masing kabupaten/kota setempat.

Ada beberapa daerah yang telah menemui kesepakatan secara pasti. Diantaranya, Kabupaten Kediri, Ngawi, Pacitan, Trenggalek, dan Kota Batu.

"Pasuruan belum (pasti), lamongan belum. Kota Batu, ada potensi sama, Kabupaten Kediri (pasti), Tranggalek (pasti). Gresik dan Lamongan belum. Nanti detailnya," beber Sadig.

Baca juga:
Anna Mu'awanah Kantongi Rekomendasi PAN Maju Cabup Bojonegoro, Siapa Wakilnya?

Di tempat sama, Ketua DPD Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak mengungkap, dari 15 opsi yang disepakati ada beberapa dari 38 daerah bertambah di kemudian hari.

Dan jika dikemudian hari ada ketidakcocokan dalam konstalasi politik di daerah, baik PAN dan Demokrat ia pastikan saling legowo.

"Jadi ini yang terisi, jadi itu hampir semua ada kecocokan, tapi kita sudah sepakat di mana kita nggak bareng jangan sampai mengganggu kebersamaan," ucap Emil.

Baca juga:
Alasan PAN Tak Memberi Rekom Armuji di Pilwali Surabaya 2024

Sementara di tingkat Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024, pertemuan kali ini, juga sebagai tindak lanjut dari rekom DPP PAN pada pasangan Khofifah-Emil.

"Kita harus membangun sinergi baik demokrat dengan PAN (dengan) baik juga, menyokong pemerintahan Ibu Khofifah dan kepala daerah yang nanti terpilih di kabupaten/kota," jelas Emil.

"Mudah-mudahan ini lancar sampai pemenangan di Jatim di periode kedua bersama Bu Khofifah," tandas mantan Wagub Jatim itu.