Pixel Code jatimnow.com

Petugas Eks Kecamatan Tanggul Jember: Belum Pernah Lihat Makam Pejuang di Sana

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Sugianto
Konferensi pers di Kantor Kecamatan Tanggul. (Foto: Sugianto/jatimnow.com)
Konferensi pers di Kantor Kecamatan Tanggul. (Foto: Sugianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Salah satu petugas kebersihan eks Kantor Kecamatan Tanggul, Jember, Tosari, belum pernah melihat makam yang diduga pejuang di lokasi.

Saat konferensi pers di Kantor Kecamatan Tanggul, Tosari secara lantang menegaskan, sejak dirinya menjadi hansip di eks Kantor Kecamatan Tanggul lokasi penemuan 2 makam pejuang Soedjono dan Sulaeman, belum pernah melihat makam.

"Saya sejak jadi hansip tahun 1980an hingga menjadi Satpol PP belum pernah melihat makam di sana. Baru tahun sekarang saya tahu," katanya, Kamis (20/6/2024).

Selain jadi hansip, dirinya juga menjadi petugas kebersihan di eks Kantor Kecamatan yang terdapat adanya makam 2 pejuang.

"Tetangga juga tidak tahu, karena di sana tanah biasa. Saya nangis ada makam pahlawan," ungkapnya.

Sementara Camat Tanggul Hanifah menyampaikan, mendapat kabar itu pihaknya juga turut serta mencari kebenaran tentang 2 makam pejuang tersebut.

Baca juga:
Menpan RB Akan Rekrut 1,6 Juta ASN Baru, Santri Juga Bisa Lolos

"Kami mencoba mencari informasi, keduanya menyatakan tidak pernah tahu ada nisan," ucapnya.

Bahkan pemilik rumah atau bangunan yang berbatasan langsung dengan 2 makam pejuang, juga belum pernah melihat ada makam di lokasi tersebut.

"Sebelah rumah, tidak pernah melihat di situ ada makam. Semua menyatakan tidak pernah menemui di situ ada makam pejuang," tutur Hanifah.

Baca juga:
Warga Jember Temukan Peledak dan Drone Misterius di Rumah Kosong

Menurut data yang diketahuinya, pernah ada dua pejuang yang hidup di wilayah Kecamatan Tanggul, namun menurut catatan ada di makam umum.

"Tadi sudah kami perintah petugas, untuk mencari makam yang dimaksud tersebut, namun belum ketemu," ujarnya.