Pixel Code jatimnow.com

11 Kontainer Furniture dari Sidoarjo Dikirim ke Amerika

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Ahaddiini HM
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas keberangkatan 11 kontainer PT Integra Indocabinet perusahaan furniture di Betro Sedati Sidoarjo ke Amerika. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas keberangkatan 11 kontainer PT Integra Indocabinet perusahaan furniture di Betro Sedati Sidoarjo ke Amerika. (Foto: Ahaddiini HM/jatimnow.com)

jatimnow.com -  Sebanyak 11 kontainer furniture produksi PT Integra Indocabinet di Betro Sedati Sidoarjo dikirim ke Amerika.  Pemberangkatannya dilepas Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan mengungkapkan kegembiraan dan apresiasinya karena PT Integra Indocabinet menjadi model bagi perusahaan lainnya. Ia juga takjub karena perusahaan ini memiliki kantor perwakilan di Houston, Texas.

"Berita gembira, dan ini menjadi model. Kita beri apresiasi, penghargaan yang tinggi apa yang sudah dicapai oleh PT Integra Indocabinet yang melepas 11 kontainer di Amerika, Eropa dan belahan dunia yang tidak mudah," ucap Zulhas, panggilan akrabnya, Kamis sore (20/6/2024).

Ia melanjutkan omzet yang naik terus 10 hingga 20 persen dan puluhan ribu karyawannya padat karya, memberikan nilai tambah, lapangan kerja sehingga mengasilkan devisa. 

"Selain itu kita juga patut berbangga karena selama 48 bulan terakhir, nilai ekspor Indonesia mengalami surplus. Untuk tahun ini mencapai angka USD 14 miliar. Angka ini diprediksi akan terus naik mengingat tahun lalu mencapai USD 37 miliar sedangkan di tahun 2022 sebesar USD 55 miliar," imbuhnya.

Sementara itu, Marketing Director PT Integra Indocabinet Widjaja menyampaikan bahwa perusahaan ini telah 35 tahun berorientasi ekspor market utama ke Amerika.

Baca juga:
PLN Beri Alat Produksi dan Pelatihan Digital Marketing Perajin Furniture Gresik

"Produk kami ciri khas Indonesia namun memakai designer dari Amerika Serikat. Produk yang dihasilkan perusahaan kami sebagian besar menggunakan produk dalam negeri. Bahannya seperti dari kayu mahoni, kayu karet serta bahan anyam-anyaman yang diambil dari produksi lokal," terangnya.

Ia melanjutkan secara tradisional market terbesar PT Integral Indocabinet adalah Amerika Serikat karena mereka mampu membeli dalam volume yang besar.

Widjaja yakin kedepannya pasar furniture Indonesia akan mengalami kemajuan yang pesat, mengingat meski saat ini pasar China banyak mengalihkan produksi ke Vietnam, tapi negara itu akan overload dalam 5 tahun ke depan.

Baca juga:
5 Cara Mix and Match Meja TV dengan Zyo: Solusi Sempurnakan Interior Rumah Anda

"Saat ini kami mendapatkan inquiry yang luar biasa, ketika mereka penuh maka akan mencari tempat baru, dan Indonesia sudah siap untuk itu," tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dengan mengekspor puluhan kontainer produknya ke berbagai negara termasuk Amerika Serikat mampu menghasilkan nilai fantastis mencapai lebih dari USD 500.

KAI Daop 8 Surabaya Tutup JPL 38 dan 39 Sidoarjo
Peristiwa

KAI Daop 8 Surabaya Tutup JPL 38 dan 39 Sidoarjo

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan penutupan perlintasan ini merupakan langkah untuk mengamankan perjalanan kereta api, pengendara serta masyarakat sekitar.