Pixel Code jatimnow.com

Mengenal Azera, Tradisi Masyarakat Bangkalan Kunjungi Jamaah Pulang Haji

Editor : Yanuar D   Reporter : Fathor Rahman
Tradisi Azera di Bangkalan. (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)
Tradisi Azera di Bangkalan. (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)

jatimnow.com - Masyarakat di Bangkalan memiliki tradisi turun temurun di musim haji. Yakni, berkunjung ke rumah jamaah usai menunaikan ibadah haji atau biasa disebut Azera.

Dalam tradisi ini biasanya jamaah yang pulang ibadah haji akan membagikan air zamzam serta camilan khas Arab kepada tetangga maupun kerabat yang berkunjung ke rumahnya. 

Salah satu jamaah haji plus yang sudah tiba yakni H Jev Vanand dan Hj Nur Aini, warga Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Mereka baru saja pulang beribadah haji pada hari Kamis (20/6/2024). 

Sudah menjadi tradisi, jika terdapat warga yang berangkat haji nantinya kerabat dan warga sekitar akan berkunjung ke rumah jamaah tersebut. Tujuannya, untuk meminta barokah para jamaah yang baru datang dari Makkah. 

"Alhamdulillah mulai kemarin sampai hari ini banyak sekali yang mengunjungi kami disini," ujar H Jev, Sabtu (22/6/2024).

Baca juga:
Polisi di Bangkalan Amankan Mobil Berisi Ratusan Slop Rokok Ilegal, Temukan Sabu

Untuk menyambut para tamu, salah satu hidangan yang pasti disajikan oleh tuan rumah yakni air zamzam, kurma serta kacang-kacangan khas Arab.

Tak hanya itu, tuan rumah juga menyiapkan bingkisan bagi para tamu yang datang berupa sarung, sajadah dan pernak-pernik lainnya. 

"Ini bentuk rasa syukur kami karena Alhamdulillah sudah beribadah dengan lancar dan bisa pulang dengan selamat. Sehingga kami wujudkan dengan berbagi," imbuhnya. 

Baca juga:
70 Desa di Bangkalan Terancam Kekeringan, Bantuan Air Bersih Mulai Disalurkan

Sementara itu, salah satu tamu yakni H Lika Munir mengaku tradisi Azera telah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Ia bersyukur tradisi itu bertahan hingga sekarang. 

"Tradisi ini sudah ada sejak dahulu. Biasanya kami datang berkunjung pada warga yang baru datang dari haji untuk minta barokah Makkah dan Madinah," pungkasnya.