Pixel Code jatimnow.com

Gunung Batok di Kawasan Bromo Terbakar, Pemadaman Manual

Editor : Yanuar D   Reporter : Haryo Agus
Kebakaran Gunung Batok kawasan Bromo. (Tangkapan layar)
Kebakaran Gunung Batok kawasan Bromo. (Tangkapan layar)

jatimnow.com - Hutan di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terbakar. Tepatnya di lereng Gunung Batok sebelah Timur yang berdekatan dengan Wilayah Probolinggo pada, Sabtu (22/6/2024) dini hari.

Anggota Tim Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Becana (Pusdalops PB) BPBD Kabupaten Probolinggo, Rifki Maulana mengatakan, hingga saat ini kebakaran di gunung batok masih berlangsung.

Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) bersama tim gabungan yang terdiri dari relawan, TNI, dan Polri masih berusaha untuk memadamkan api.

"Pemadaman dilakukan secara manual menggunakan gepyok dan parang/sabit. Hingga saat ini kebakaran masih berlangsung," kata Rifki, Sabtu (22/6/2024).

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Septi Eka Wardani mengatakan, api pertama kali muncul pada jam 03.30 WIB.

Baca juga:
Kurir Sabu di Kawasan Wisata Bromo Probolinggo Dibekuk Polisi

"Api berhasil dipadamkan pada jam 05.00 WIB. Kemudian dilakukan pendinginan hingga jam 07.00 WIB. Satu jam kemudian api kembali muncul di titik yang sama," kata Septi Eka Wardani.

Septi menuturkan, besarnya angin di kawasan Gunung Batok membuat api kembali muncul dan cepat membesar.

Baca juga:
Viral Badai Pasir Hebohkan Pengunjung di Bromo

Api berulang kali muncul setelah dipadamkan. Pada jam 10.30 WIB api kembali muncul di titik yang berbeda dari titik awal munculnya kebakaran.

"Mohon doa dan dukungan untuk petugas yang sedang melakukan pemadaman agar api segera bisa dipadamkan," pungkasnya.