Pixel Code jatimnow.com

Pengamat Politik Sebut Machfud Arifin-Bayu Airlangga Lawan Berat Eri-Armuji

Editor : Zaki Zubaidi  
Machfud Arifin dan Bayu Airlangga. (Foto: dok. jatimnow.com)
Machfud Arifin dan Bayu Airlangga. (Foto: dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menyebut pasangan Machfud Arifin-Bayu Airlangga jika terealisasi akan membuat Pilwali Surabaya dinamis dan kompetitif.

"Petahana (Eri-Armuji) tak lagi bisa bersantai karena pak Machfud punya pengalaman dalam kontestasi Pilkada di Surabaya. Saya pikir itu akan menjadi pesaing paling serius untuk bisa diwaspadai petahana," katanya, Sabtu (22/6/2024).

Surokim menerangkan, Machfud Arifin dan Bayu Airlangga dikenal dengan pengalamannya dalam politik lokal dan nasional. Mereka memiliki kekuatan dengan basis dan rekam jejaknya untuk menantang petahana.

"Bayu Airlangga juga didukung oleh jaringan politik yang kuat, termasuk dukungan dari tokoh terkemuka di Jawa Timur (Pakde Karwo). Kami menyakini, Bayu Airlangga siap menawarkan alternatif baru dalam kepemimpinan kota ini," jelasnya.

Ditegaskan, Machfud Arifin-Bayu Airlangga dengan latar belakangnya yang mencakup berbagai jabatan strategis diekspektasikan mampu mengubah dinamika politik lokal.

Baca juga:
Demokrat Rekom Paket Eri-Armuji di Pilwali Surabaya 2024

Di sisi lain, Bayu Airlangga, kata dia, telah membangun reputasi sebagai figur yang energik dan berjiwa muda, memiliki dukungan kuat dari berbagai pihak.

"Pasangan ini (Machfud Arifin-Bayu Airlangga) saya pikir tetap punya potensi menjanjikan dan tidak bisa dipandang enteng. Ini membuat keunggulan dalam membangun koalisi politik yang solid," tambah peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) ini.

Surokim menilai bahwa perkembangan ini tidak hanya mencerminkan keinginan masyarakat Surabaya untuk melihat perubahan dalam kepemimpinan. Tetapi juga menandai pentingnya dinamika politik dalam menentukan arah masa depan Kota Pahlawan.

Baca juga:
Mencari Pemimpin Millenial untuk Surabaya

Ia memprediksi dengan semakin mendekatnya tanggal pemungutan suara pada November mendatang, ekspektasi dan ketegangan politik di Surabaya diprediksi akan terus meningkat.

"Dengan kedua kandidat yang telah mempersiapkan strategi dan merangkul dukungan yang lebih luas, Pilwali Surabaya tahun ini berpotensi menjadi salah satu pesta demokrasi yang paling menarik untuk diikuti," pungkasnya.