Pixel Code jatimnow.com

Projo Nilai Koalisi Indonesia Maju Cocok di Pilwali Kediri 2024

Editor : Yanuar D  
Demokrat dan Golkar bersama usung Mbak Vinanda. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Demokrat dan Golkar bersama usung Mbak Vinanda. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Relawan pendukung Presiden Joko Widodo, Projo di Kediri menilai Koalisi Indonesia Maju (KIM) cocok untuk direalisasikan di Pilwali Kediri 2024. Selain untuk mendukung program nasional Prabowo-Gibran, ini akan linier dengan pasangan Khofifah-Emil Dardak yang digadang-gadang akan kembali maju di Pilkada Jawa Timur.

Pandangan ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Projo Kota Kediri Bambang Puraswidianto. Dia mengaku sudah menjadi instruksi di seluruh Indonesia, bahwa seluruh pimpinan daerah kabupaten kota maupun provinsi untuk mendukung dan memenangkan Koalisi Indonesia Maju.

“Contohnya di Jatim Bu Khofifah diusung oleh Partai Demokrat, Golkar, PAN dan Gerindra. Supaya juga berlaku di Pilkada Kota Kediri," terang Bambang.

Jika selama ini Partai Golkar dan Demokrat sudah mendeklarasikan Vinanda Prameswati sebagai calon Wali Kota Kediri periode 2024-2029, Bambang berharap, dua partai politik lainnya yang tergabung dalam KIM (Partai Gerindra dan PAN) bisa segera bergabung. Sehingga menjadi satu garis lurus dengan pusat dan Jawa Timur.

"Mbak Vinanda sudah diusung oleh Partai Demokrat dan Golkar. Itu sudah mencukupi kursi 30 persen untuk mencalonkan Wali Kota Kediri. Kami berharap juga terhadap DPP partai lain (Partai Gerindra dan PAN) yang ada di dalam Koalisi Indonesia Maju juga memberikan rekom untuk Mbak Vinanda," ungkapnya.

Menurut penilaian Bambang, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kota Kediri itu memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk diusung oleh gabungan empat parpol tersebut. Sosok anak muda, bersih dan Ketua Harian Relawan Suket Teki Nusantara (RTSN) itu memiliki jiwa kepedulian sosial yang sangat tinggi terhadap masyarakat.

Baca juga:
Vinanda Prameswati Bicara Potensi dan Gagasan untuk Kota Kediri

"Mbak Vinanda kiprahnya di sosial sangat tinggi dengan masyarakat. Saya mengharaplkan supaya Kota Kediri lebih maju lagi dan lebih amanah kalau dipegang oleh orang yang benar-benar bersih dan belum pernah cacat apapun, tentang politik dan birokrasi," terangnya.

Masih kata Bambang, kultur masyarakat Kota Kediri juga sangat cocok dengan KIM. Terbukti, dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan suara mayoritas warga Kota Tahu ini, mencapai 65 persen.

Kendati Partai Gerindra dan PAN Kota Kediri tengah melalui mekanisme dalam menentukan kandidatnya, tetapi Bambang meyakini kedua parpol tersebut bakal ikut mengusung Vinanda bersama Partai Golkar dan Demokrat. Sebab, keputusan akhir penentuan rekom berada di tangan ketua umum dan tidak ada alasan untuk menolak KIM di Pilwali Kediri demi kepentingan nasional Prabowo-Gibran ke depannya.

Baca juga:
Terjunkan 728 Petugas Coklit, KPU Kota Kediri Turut Sukseskan Rekor Muri

Sebagai organisasi kemasyarakat dan bukan partai politik, Bambang 'Projo' hanya berpesan kepada Vinanda Prameswati agar segera memberikan petunjuk terkait dengan calon wakil yang akan digandeng. Sebab, turunnya surat rekomendasi dari partai politik harus satu paket pasangan calon Wali Kota dan wakil Wali Kota Kediri.

Untuk diketahui, Projo adalah pendukung Presiden Joko Widodo yang mengusung dan mendukung pasangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024. Seluruh Projo yang ada di Indonesia mendukung kemenangan itu dan akan mengawal KIM di setiap daerah, termasuk di Kota Kediri.