Pixel Code jatimnow.com

5.414 Pantarlih Diturunkan KPU Sidoarjo untuk Lakukan Coklit

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Ahaddiini HM
Pantarlih ketika melakukan coklit untuk Pilkada 2024 di Sidoarjo. (Foto: Mukhamad Yasin for jatimnow.com).
Pantarlih ketika melakukan coklit untuk Pilkada 2024 di Sidoarjo. (Foto: Mukhamad Yasin for jatimnow.com).

jatimnow.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada 2024 yang berlangsung selama satu bulan, mulai Senin (24/6/2024) hingga Rabu (24/6/2024) dengan menurunkan 5.414 petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih).

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Sidoarjo, Mukhamad Yasin, menyampaikan bahwa pantarlih sedang menjalankan tugasnya.

"Sudah ada petugas (pantarlih) yang turun ke lapangan setelah proses pengambilan sumpah. Karena ini untuk mengejar target 1 juta coklit pemilih seperti yang ditarget KPU Jatim," ucapnya, Selasa (25/06/2024).

Ia melanjutkan, KPU Sidoarjo tidak menetapkan target untuk data yang harus di coklit. Hanya saja di hari pertama, petugas pantarlih minimal 10 pemilih.

"Kalau target khusus tidak ada, tapi untuk hari pertama kemarin minimal setiap pantarlih melakukan coklit 10 pemilih," jelasnya.

Lebih lanjut, Yasin menambahkan, dalam melaksanakan tugas coklit, petugas pantarlih wajib mengecek setiap anggota keluarga yang didatangi sesuai data yang sudah ada.

Baca juga:
Bawaslu Sidoarjo Temukan Data 10 Pemilih Lansia pada TPS Kategori Sulit Diakses

"Kita datangi per by name untuk mencocokkan apakah ada nama ini, dan domisili di sini yang kemudian kita jadikan data pemilih," imbuhnya.

Lebih lanjut, ada beberapa syarat yang dicek oleh petugas, antara lain mulai dari usia sebagai syarat utama pemilih, kemudian domisili dan apakah anggota TNI/Polri.

"Misal yang di coklit tidak ada orangnya di rumah. Bisa keluarga lain menunjukkan KTP atau KK. Kalau tidak ada KTP atau KK bisa dengan video call," tambah Yasin.

Baca juga:
Tak Ada Calon Independen di Pilbup Sidoarjo 2024

Yasin menegaskan, persiapan ini merupakan salah satu rangkaian jelang Pilbup dan Pilgub 2024.

"Mulai persiapan daftar pemilih hingga alat pencoblosan dan tempat pemungutan suara. Rencananya, Pilbup Sidoarjo digelar bersamaan dengan Pilgub Jatim yang bakal berlangsung pada, Rabu 27 November 2024," pungkasnya.