Pixel Code jatimnow.com

Kapolda Jatim Resmikan Pembangunan Sumur Bor di Ponorogo

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Ahmad Fauzani
Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto saat meresmikan pembangunan sumur bor di Desa Ngumpul, Kecamatan Balong, Ponorogo. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)
Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto saat meresmikan pembangunan sumur bor di Desa Ngumpul, Kecamatan Balong, Ponorogo. (Foto: Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto meresmikan pembangunan sumur bor di Dusun Wotan, Desa Ngumpul, Kecamatan Balong, Ponorogo.

Total ada 48 titik sumur bor yang dibangun di wilayah hukum Polda Jatim. Empat diantaranya pembangunan sumur bor di Kecamatan Balong.

Program ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat setempat.

Acara peresmian ini turut dihadiri Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, berbagai pejabat daerah, tokoh masyarakat, serta warga desa yang antusias menyambut proyek yang telah dinantikan lama.

Dalam sambutannya, Irjen Pol Imam Sugianto menekankan pentingnya ketersediaan air bersih untuk kesehatan dan pengairan sawah milik masyarakat.

“Bakti sosial Polda Jatim ini dipusatkan di Kabupaten Ponorogo dan diikuti oleh 38 satuan kewilayahan jajaran,” ungkap Irjen Pol Imam Sugianto, Selasa (25/6/2024)

Aksi ini, kata dia, bertujuan membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Juga mendukung percepatan ekonomi inklusif.

“Secara total ada 48 sumur bor dibangun. Yang telah selesai 100 persen ada 27 sumur bor. Lainnya masih proses,” kata Irjen Pol Imam.

Baca juga:
Polda Jatim Bongkar Sindikat Narkoba Jaringan DPO Internasional Fredy Pratama

Selain pembangunan sumur bor, Kapolda Jatim juga menyampaikan bahwa pihaknya membagikan 21.801 paket bansos kepada masyarakat.

Dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78, kegiatan bakti religi dilakukan dengan membersihkan 796 tempat ibadah, serta program bedah rumah di 29 titik di wilayah Provinsi Jatim.

“Ini merupakan langkah konkret dan kepedulian kita dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diharapkan bansos Polri tidak hanya membantu kebutuhan dasar masyarakat, tetapi juga berkontribusi pada ekonomi inklusif," tambahnya.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengapresiasi bakti sosial sumur bor yang diberikan Polda Jatim. Ia menyebut bantuan ini menginspirasi pihaknya untuk membuat lebih banyak sumur bor di wilayah Ponorogo.

Baca juga:
Siswa SDN 2 Karangpatihan Ponorogo Belajar Dalam Gedung Nyaris Ambruk

"Langkah yang dilakukan Kapolda dan Pangdam sudah benar dengan bantuan sumur bor ini. Kita bertiga, saya, Kapolres, dan Dandim, akan menindaklanjuti dengan cepat arahan ini,” paparnya.

Orang nomor satu di Bumi Reog, berjanji akhir tahun ini kmampu membuat hampir 100 sumur bor.

“Semoga bantuan ini bermanfaat untuk petani di Ponorogo," pungkas Sugiri.