Pixel Code jatimnow.com

SMAN 4 Sampang Pesimis Capai Target PPDB karena Lokasi Kurang Strategis

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Fathor Rahman
SMA Negeri 4 Sampang. (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)
SMA Negeri 4 Sampang. (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)

jatimnow.com - Target penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA Negeri 4 Sampang cukup minim. Meski begitu, target tersebut pesimis dicapai sebab lokasi sekolah yang tidak strategis.

Kepala SMA Negeri 4 Sampang Moh. Farid Siswandy mengatakan, tahun ini pihaknya mengusulkan kuota PPDB hanya 72 siswa. Usulan itu disampaikan sesuai dengan capaian kemampuan sekolah.

"Usulan itu berdasarkan dari analisa capaian kemampuan sekolah untuk mendapatkan siswa baru," ujarnya, Jumat (28/6/2024).

Ia mengatakan, dari tahun ke tahun, minat masyarakat untuk mendaftar ke sekolah tersebut minim. Meski berada di wilayah kota, letak sekolah cenderung tidak strategis dan tidak mudah dijangkau oleh kendaraan umum.

Baca juga:
Penjual Perlengkapan Sekolah di Lamongan Panen Cuan Tahun Ajaran Baru

"Memang minat pendaftar baru cukup minim, meski kuota yang kami usulkan sedikit namun masih saja sulit tercapai," imbuhnya.

Menurutnya, selain letak tak strategis dan sulit dijangkau kendaraan umum, faktor lain yang menyebabkan minimnya pendaftar baru, yakni karena jarak dengan sekolah lain cukup dekat. Sehingga banyak pendaftar baru memilih sekolah yang lebih strategis.

Baca juga:
PPDB di Kota Malang, Disdikbud Sebut Wali Murid Belum Paham Tata Caranya

"Namun meski begitu, kami tetap berupaya semaksimal mungkin supaya banyak pendaftar baru disini," pungkasnya.