Pixel Code jatimnow.com

Kang Giri Ziarah ke Makam Leluhur di Ponorogo Jelang 1 Suro

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Ahmad Fauzani
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat melakukan ziarah makam. (Foto: Kodim 0802 Ponorogo for jatimnow.com)
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat melakukan ziarah makam. (Foto: Kodim 0802 Ponorogo for jatimnow.com)

jatimnow.com - Menuju Peringatan 1 Muharam atau biasa pula disebut 1 Suro, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko melakukan ziarah makam di Bumi Reog, Kamis (4/7/2024).

Dalam ziarah makam ini, Kang Giri, sapaan akrab Sugiri Sancoko, didampingi oleh Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ada lima makam leluhur yang dikunjungi oleh Kang Giri dan rombongan. Mereka memulai dari Makam Batoro Katong di Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan, kemudian ke Makam Giri Mertho di Desa Tajug, Kecamatan Siman.

Selanjutnya, mereka ziarah ke makam R.M.A.A Tjokronegoro di Kelurahan Kauman, Ponorogo Kota, lalu ke pemakaman di Desa Srandil, Kecamatan Jambon, dan terakhir ke Tempat Makam Pahlawan di Jalan Pahlawan, Ponorogo Kota.

“Agenda rutin setiap jelang penutupan Grebeg Suro dan jelang 1 Muharam, jelang 1 Suro. Ziarah ke makam pendahulu,” ungkap Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, Kamis (4/7/2024).

Baca juga:
Warga Korban Lapindo Sidoarjo Ziarah dan Tabur Bunga di Tanggul Lumpur

“Dimulai dari eyang Katong (Batoro Katong), lalu ke Tajug, Gunung Srandil, Kauman Ponorogo Kota, dan TMP,” lanjut Kang Giri.

Kang Giri menyebutkan bahwa ziarah makam jelang 1 Suro bukan tanpa sebab, melainkan sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur.

“Pengingat generasi muda, generasi sekarang. Ada kita karena ada pendahulu, para leluhur yang kami lakukan ziarah ini,” kata Kang Giri kepada wartawan.

Baca juga:
Tradisi Ziarah di Kompleks Makam Tanpa Nama Tulungagung Jelang Ramadan

Menurutnya, ziarah ini juga sebagai momen untuk berjanji melanjutkan cita-cita para leluhur serta mendoakan mereka agar diampuni segala dosanya, ditempatkan di surga Allah, dan berharap agar tugas memimpin dilancarkan.

“Dan tentu kami dilancarkan dalam menjalankan tugas memimpin,” pungkasnya.

PKS Resmi Mendukung Jimad di Pilkada Sampang
Jatim Memilih, Politik

PKS Resmi Mendukung Jimad di Pilkada Sampang

“Kami optimis, nantinya pasangan yang kami usung ini mampu meneruskan dan memajukan Sampang dan melanjutkan kerja sama,” jelas Kang Irwan.