Pixel Code jatimnow.com

Rekomendasi Warung Unik di Jember, Narafood Sajikan Keindahan Kunang-Kunang

Editor : Zaki Zubaidi   Reporter : Sugianto
Kunang-kunang mengeluarkan cahaya di Warung Narafood. (Foto-foto: Sugianto/jatimnow.com)
Kunang-kunang mengeluarkan cahaya di Warung Narafood. (Foto-foto: Sugianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Teringat masa kecil saat bermain, Hadi Purnomo pemilik Narafood di Kelurahan/Kecamatan Patrang, Jember, membuat taman kunang-kunang di sekitar warungnya.

Taman kunang-kunang itu terletak di sekitar pematang sawah. Selain unik, taman kunang-kunang juga menjadi aspirasi bagi anak pelajar dan mahasiswa yang kreatif untuk membuat film pendek dengan tema misteri.

Hadi Purnomo sengaja membuat taman kunang-kunang, sebagai konservasi dan satu-satunya yang didedikasikan untuk mendukung serta melestarikan siklus hidup kunang-kunang di Jember.

Kunang-kunang merupakan hewan unik yang berperan penting dialam sebagai bio indikator ekosistem dan udara yang sehat di lingkungan sekitar.

Namun dengan dampak rusaknya alam di beberapa wilayah, membuat populasi kunang-kunang diambang kepunahan.

"Ide awal taman kunang-kunang ini, teringat masa kecil saat bermain di malam hari," kata Hadi Purnomo, Senin (8/7/2024).

Pria yang akrab disapa Hadi, sejak kecil dirinya tinggal di desa. Sehingga saat malam hari sering ditemukan kunang-kunang di desanya.

Karena kunang-kunang bisa terbang dan memancarkan cahaya, dia bersama temannya senang dan ingin menangkap hewan yang hobi berada di kegelapan.

Kunang-kunang berada dalam sebuah kawasan lahan kebun permakulture yang merupakan rumah bagi tumbuh kembang serangga bercahaya.

Baca juga:
5 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Probolinggo yang Cozy dan Instagramable

Namun untuk saat ini, keberadaan kunang-kunang sudah terancam populasinya di wilayah Jember.

"Saya membawa serangga ini dari pegunungan Argopuro dan membuat penangkaran di lahan ini,” jelasnya.

Sedangkan keberadaan kunang-kunang ini, menurut Hadi, untuk proses regeneratif yang optimal dalam mempertahankan siklus hidup dan daya tahan kunang-kunang.

Baca juga:
5 Rekomendasi Kafe di Taman Dayu Pandaan Pasuruan yang Instagramable

“Kebun yang kami kelola, sekaligus memastikan agar kunang-kunang berkembang biak, menciptakan perkebunan organik di sekitar warung makan dan juga sawah,” bebernya.

Hadi juga melakukan kompos organik di warungnya, sebagai sumber makanan kunang-kunang agar lebih kuat untuk bertahan hidup.

Hadi menegaskan, taman kunang-kunang akan dipertahankan keasliannya, guna melestarikan populasi serangga yang bercahaya di malam pekat.

“Selain sebagai konservasi, lokasi yang menjadi taman kunang-kunang ini merupakan zona edukasi dan wisata kuliner dan minat khusus,” tegasnya.

PKS Resmi Mendukung Jimad di Pilkada Sampang
Jatim Memilih, Politik

PKS Resmi Mendukung Jimad di Pilkada Sampang

“Kami optimis, nantinya pasangan yang kami usung ini mampu meneruskan dan memajukan Sampang dan melanjutkan kerja sama,” jelas Kang Irwan.