Pixel Code jatimnow.com

Vinanda Prameswati Bicara Potensi dan Gagasan untuk Kota Kediri

Editor : Yanuar D  
Potret Vinanda Prameswati. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)
Potret Vinanda Prameswati. (Foto: Yanuar Dedy/jatimnow.com)

jatimnow.com - Vinanda Prameswati bertemu sejumlah wartawan di Kota Kediri, Minggu (8/7/2024) malam. Satu-satunya bakal calon wali kota yang diusung oleh Golkar itu bicara soal potensi dan gagasannya untuk Kota Tahu.

Selain bersilaturahmi, dalam acara malam itu Mbak Vinanda, sapaan akrabnya memang ingin berdiskusi bersama insan pers tentang Kota Kediri dengan segala potensinya. Dara asli Kediri yang pernah mengenyam pendidikan di SD Plus Rahmat, SMPN 1 dan SMAN 3 Kota Kediri ini pun mengajak wartawan untuk ikut menjadi jembatan bagi masyarakat dalam menyalurkan segala aspirasinya.

"Kemarin sempat keliling di Kampung Tahu. Mereka banyak yang memproduksi tahu dan memiliki inovasi produk baru agar laku di pasaran. Seperti membuat produk baru keripik tahu dan sarden dari bahan tahu. Sehingga tahu ini bisa laku di Kediri dan luar negeri," terang Mbak Vinanda.

Ketua harian relawan Suket Teki Nusantara itu ingin memperluas pasar dari berbagai produk unggulan khas tersebut hingga ke mancanegara. Seperti halnya makanan-makanan Korea yang kini membanjiri Indonesia.

Mbak Vinanda meyakini tahu dan produk turunannya sangat berpotensi menjadi barang ekspor yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Apalagi saat ini ada Bandara Internasional Dhoho Kediri yang memperpendek konektivitas antar daerah, bahkan nantinya sampai ke luar negeri.

"Ketika ada tamu atau wisatawan domestik yang datang di Kota Kediri yang mau jadi jujukan dimana? Hal ini yang menjadi inspirasi saya untuk membuat sesuatu yang ikonik di Kota Kediri. Sehingga para wisatawan tersebut juga bisa berbelanja produk-produk khas Kota Kediri seperti tahu ini," paparnya.

Baca juga:
Projo Nilai Koalisi Indonesia Maju Cocok di Pilwali Kediri 2024

Perempuan berusia 26 tahun yang hobi traveling ini pun mengaku sudah banyak berdikusi dengan berbagai pakar tentang Kota Kediri. Dirinya juga telah memiliki sebuah gagasan dalam membuat ikon untuk Kota tercintanya ini. Salah satunya dengan mengembangkan potensi Sungai Brantas.

Selain potensi di bidang ekonomi, Kota Kediri menurut Mbak Vinanda juga unggul di bidang sumber daya manusia. Termasuk anak mudanya dalam hal olahraga. Pun demikian dengan seni budayanya.

"Jadi Kota Kediri ini punya potensi di segala bidang. Seperti kuliner, olahraga dan budaya lewat kesenian jaranan Kediri yang terkenal hingga ke luar negeri," jelas perempuan yang juga Ketua Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) Kota Kediri ini.

Baca juga:
Rakercab Gerindra Beri Sinyal Koalisi dengan Golkar di Pilwali Kediri 2024

Sementara itu dalam agenda silaturahmi ini, Mbak Vinanda juga mendapatkan banyak masukan dari awak media. Di antaranya tentang peningkatan fungsi rumah aspirasi Bolone Vinanda sebagai basis 'nongkrong' anak muda, tempat berdiskusi kreatif dan menjadi wadah para pegiat seni teater, musik, film dan lainnya.

Masukan lainnya tentang lompatan sektor pendidikan dengan pembangunan sekolah-sekolah berstandart Internasional dengan hadirnya Bandara Dhoho Kediri serta pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Kediri yang berbasis pada masyarakat agar bisa membuka lebih banyak lapangan pekerjaan.