Pixel Code jatimnow.com

1.736 Personil Disiagakan Amankan Pengesahan Perguruan Silat di Lamongan

Editor : Endang Pergiwati   Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Pengamanan di Kecamatan Babat, wilayah perbatasan Lamongan- Bojonegoro. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Pengamanan di Kecamatan Babat, wilayah perbatasan Lamongan- Bojonegoro. (Foto : Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sebanyak 1.736 personil gabungan disiagakan untuk mengamankan pengesahan perguruan silat dan suroan di Lamongan, Selasa (9/7/2024) sore.

Ribuan personil dari unsur Polri dan TNI serta Satpol PP tersebut disiagakan untuk mengantisipasi gesekan atas perguruan silat maupun dengan warga masyarakat.

Kapolres Lamongan, AKBP Bobby A. Condoputra menegaskan bahwa dalam pengamanan ini, ia membagi beberapa pos vital, di antaranya pada area padepokan perguruan silat di Kecamatan Sukodadi.

Selain itu, persimpangan-persimpangan jalan, serta wilayah perbatasan dengan Bojonegoro, Tuban, Gresik, dan Mojokerto.

"Selain di lokasi padepokan, kami juga mengerahkan personil di wilayah perbatasan, tepatnya di Kecamatan Deket, Karanggeneng, Babat dan Mantup, disana kita lakukan penyekatan kepada massa penggembira dari luar Lamongan," ungkap Kapolres Lamongan, Selasa (9/7/2024).

Baca juga:
Ketua PSHT Cabang Ponorogo Tegaskan Tidak Ada Mobilitas ke Madiun di Bulan Suro

Sementara untuk massa penggembira dari dalam wilayah Lamongan, lanjut Bobby, pihaknya telah mengantisipasi dengan menyiagakan personil lokasi yang diduga menjadi titik kumpul para penggembira.

"Sebelum ini, kami juga telah menyebarkan surat imbauan kepada pelaku usaha untuk menutup usaha sementara waktu, agar tidak memicu gesekan dan bentrok massa," paparnya.

Bobby menekankan agar petugas di lapangan menyiapkan tenaga dan melakukan tindak terukur. Ia mengimbau untuk mendahulukan tindak humanis.

Baca juga:
Mengenal Tahta Mataram Sidoarjo, Bukan Bela Diri Biasa

"Siapkan stamina dan tenaga karena menurut informasi intelegen pengamanan harus dilakukan sampai besok pagi hari," tuturnya.