Pelajar di Madiun Kena Tilang, Bukan Dihukum Malah Didoakan Selamat

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Pelajar saat doa bersama dengan polisi dan kiai

jatimnow.com - Satuan Lalu Lintas Polres Madiun melakukan cara yang cukup menarik untuk memberikan pelajaran kepada pengendara motor di bawah umur 17 tahun.

Pasalnya, puluhan siswa yang terkena tilang bukan malah dihukum. Tapi justru sebaliknya, mereka didoakan agar selamat dalam berkendara.

"Kami berikan shock terapi saja. Kami beri teguran baru kami doakan. Seperti Ya Allah selamatkan pelajar-pelajar di Madiun selamat dunia dan akhirat," kata Kasat Lantas Polres Madiun, AKP Imam Mustolih kepada jatimnow.com, Rabu (14/3/2018) malam.

Ia mengaku, shock terapi tersebut dilakukan di Jalan Raya Madiun - Surabaya km 150, Caruban. Banyak yang terjaring karena dilakukan saat berangkat sekolah.

Saat itu, banyak siswa yang ketakutan karena disangka akan dihukum macam-macam. Padahal, hanya diberi teguran dan didoakan agar selamat.

"Ya memang kami berhentikan. Kami beri pengertian bahwa berbahaya berkendaraan di bawah 17 tahun beserta akibatnya. Habis itu kami doakan," katanya.

Ia juga mengaku kegiatannya pun bersama-sama dengan para kiai setempat. Yakni Kyai Sadiran asal Balerejo Kabupaten Madiun.

Imam menjelaskan, program tersebut dikemas melalui program TLET (Traffic law enforcement therapy). Mengingat banyak angka kecelakaan pelajar.

"Dengan penindakan ini diharapkan tingkat angka kecelakaan lalu lintas dapat menurun baik dari segi kuantitas maupun kwalitas terutama usia produktif," ujarnya.

Berikut doa keselamatan berlalu lintas yang dibikin Satlantas Polres Madiun:

Ya Allah, Ya Rahman Ya Rohim, Puji Syukur kami panjatkan kehadirat-Mu atas segala karunia nikmat yang telah engkau anugerahkan kepada kami, sehingga pada siang ini kami diberi kesehatan, keselamatan sehingga dapat melaksanakan aktivitas belajar di sekolah.

Ya Allah, kami adalah merupakan harapan dan penerus bangsa, kiranya engkau berikan bimbingan, petunjuk, kesadaran dan kemampuan dalam menggali ilmu dalam bentuk karya tulis sebagai bekal mereka di masa depan, sebagai pioner-pioner pelopor keselamatan berlalu lintas dan sebagai panutan di tengah-tengah masyarakat.

Ya Allah, jadikanlah generasi penerus kami, sebagai penerus kami yang berkemampuan, santun, patuh hukum, saling menghargai dan menghormati antar sesama, berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia, terutama kesadaran betapa pentingnya budaya disiplin berlalu lintas sehingga akan tercipta kondisi yang aman, nyaman, dan menjunjung tinggi keselamatan, dimanapun dan kapanpun.

Ya Allah, yang maha pengampun....ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa orang tua kami dan dosa pendahulu kami, jadikanlah kami sebagai hambamu yang pandai mensyukuri nikmat dan taat beribadah.

 

Reporter: Mita Kusuma

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter