Turun Gunung, Kawanan Kera Liar Serang Tanaman Petani di Probolinggo

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Salah satu kera liar yang merusak tanaman warga

jatimnow.com - Diduga persedian makanan di hutan berkurang, kawanan kera di hutan Lumbang Probolinggo turun gunung dan merusak tanaman buah milik warga.

Sudibyo, salah salah satu warga Desa Lumbang, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, mengatakan, dirinya bersama dengan petani lainnya sangat resah atas ulah kawan kera yang kerap kali menyerang dengan menghabisi tananam yang dimilikinya.

"Kera tersebut bisanya datangnya secara bergerombol saat memangsa makanan seperti buah jagung, pisang , alpukat dan tanaman lainnya," katanya, Kamis (20/9/2018).

Jika petani tidak menghalau kawanan kera, sudah bisa dipastikan tanamanya akan habis oleh kawanan kera tersebut.

"Sehingga banyak petani setiap pagi dan sore harus ke kebun untuk melakukan penjagaan agar tanaman bisa terselamatkan," tegasnya.

Selain itu, Sudibyo juga mengaku, serangan kera tersebut membuat pendapatan petani mengalami penurunan hingga 50 persen.

"Saya berharao agar kemarau ini bisa segera berakhir dan segera turun hujan. Sehingga buah di hutan sebagai habitat kera bisa terpenuhi kembali," harapnya.

Hal senada juga dikatakan oleh petani lainnya, Khoirul, dia mengatakan, serangan kawan kera liar ini terjadi setiap tahun ketika musim kemarau tiba.

"Jadi kalau sudah puncak kemarau pohon yang ada di hutan mengering. Kera akan turun kelahan tanaman petani," ungkapnya.

Khoirul mengaku, selama ini belum ada sikap dari pemerintah dalam penanganan serangan kera ini terhadap tanaman petani.

"Jadi petani menjaganya sendiri. Kami berharap agar pemerintah bisa turun tangan untuk bisa menyelesaikan serangan kawan kera pada tanaman petani yang ada," imbuhnya.






jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter