Terkesan Inovasi Banyuwangi, Rektor UI: Pak Anas Alumnus Kami

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Bupati Anas saat bertemu dengan Rektor UI dan rombongannya, Sabtu (22/9/2018).

jatimnow.com – Dalam lawatannya ke Banyuwangi, Rektor Universitas Indonesia Prof Dr Ir Muhammad Anis mengaku terkesan terhadap inovasi ekonomi dan program Smart Kampung.

Sejak Jumat kemarin hingga hari ini, Anis datang bersama Wakil Rektor Prof Dr Ir Dedi Priadi, DEA dan enam dekan lainnya.

Mereka berkunjung ke Banyuwangi difasilitasi oleh Kementerian PAN-RB yang diwakili Muhammad Yusuf Ateh. Hal itu sebagai upaya memperkuat inovasi daerah dengan dukungan perguruan tinggi.

“Saya senang ke Banyuwangi. Kebetulan Bupati Pak Azwar Anas adalah alumnus kami, sehingga kami bangga dengan inovasi-inovasi Banyuwangi dalam menggerakkan ekonomi daerah dan meningkatkan pelayanan publik,” ujar Prof Anis di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Sabtu (22/9/2018).

Bupati Anas, kata dia, merupakan alumnus yang meraih gelar sarjana dan master dari kampus terbaik peringkat 57 se-Asia versi QS Asia University Ranking itu.

Bersama jajarannya, Anis mengunjungi sejumlah desa di Banyuwangi yang menjalankan program Smart Kampung, seperti di Desa Ketapang. Yang dalam pelayanannya hingga malam hari secara online, mulai website hingga aplikasi WhatsApp.

“Di desa tersebut yang muda bisa mengurus secara online dan mendampingi yang tua. Bahkan ada layanan jemput bola bagi warga yang kesulitan mengakses layanan. Desa-desa Smart Kampung di Banyuwangi sudah berkinerja sangat baik,” sebutnya.

Smart Kampung sendiri adalah program pengembangan desa yang digagas Pemkab Banyuwangi untuk mendekatkan pelayanan publik hingga ke level desa.

Rektor UI itu juga mengapresiasi pengembangan ekonomi Banyuwangi melalui pariwisata sebagai pengungkit perekonomian di tingkat bawah. Sehingga hal itu dapat menekan angka kemiskinan dan jumlah pengangguran.

“Banyuwangi jeli memprioritas sektor wisata untuk menggerakkan ekonomi,” imbuhnya.

Dengan beberapa inovasi tersebut, Prof Anis mengaku berkeinginan untuk mensinergikan kampus yang dipimpinnya itu dengan mendukung Banyuwangi.

“UI akan mendukung daerah yang punya keinginan untuk maju. Akan ada dukungan UI untuk Banyuwangi,” tambahnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan terima kasih atas kunjungan Rektor UI beserta seluruh jajaran yang ikut dalam rombongan. Karena menurutnya, kampus itulah yang menempa dirinya hingga dapat seperti saat ini.

“Insya Allah dengan dukungan UI, Banyuwangi bisa terus maju,” cetus Anas.

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter