Bupati Anas: Ini 9 Program Perencanaan Pembangunan Banyuwangi

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Bupati Anas memberikan arahan dalam MusrenbangKab Banyuwangi tahun 2018 untuk penyusunan RKPD tahun 2019.

jatimnow.com – Untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas telah mengantongi 9 program dalam perencanaan pembangunan di tahun 2019 mendatang.

“Contohnya Infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, UMKM, program terkait kepemudaan, dan perempuan yang berbasis desa. Yang tidak kalah penting adalah akuntalibilitas dan transparansi anggaran,” papar Bupati Anas usai membuka Musyawarah Perencanaan Pambangunan Kabupaten Banyuwangi di Hall Ketapang Indah, Kamis (15/3/2018).

Kesembilan program tersebut, lanjut Azwar Anas, telah diseleksi sejak Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrenbangDes), naik ke tingkat kecamatan dan saat ini diakselerasi di tingkat kabupaten dan dirancang.

Selain itu, Bupati Azwar Anas juga mewanti-wanti terhadap seluruh satuan kerja vertikal meningkatkan transparansi dalam penggunaan anggaran.

Untuk itu, dalam implementasi rencana aksi yang terintegrasi dengan KPK pihaknya akan mengawali dengan menggandeng Kejaksaan Negeri dan Kepolisian, dengan mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) supaya dalam pengadaan barang dan jasa lebih terukur.

“Begitu juga program-program yang sekiranya menuai banyak laporan. Karena banyaknya dari interpretasi program itu, kita minimalkan. Misalnya pembangunan badan jalan, itu kan dipendem di bawah tanah dan laporannya banyak yang menimbulkan asumsi yang lain-lain,” terangnya.

Dalam MusrenbangKab tahun 2018 untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 tersebut mengangkat tema “Akselerasi Pertumbuhan dan Pemerataan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat yang Berkeadilan”.

Dalam Kesempatan itu dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Darah mulai dari DPRD, TNI-Polri, Kejaksaan Negeri. Selain itu hadir pula jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kecamatan, dan seluruh Kepala Desa/ Lurah se Kabupaten Banyuwangi serta dari unsur organisasi kemasyarakatan lainnya.

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Erwin Yohanes

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter