Atap Sekolah di Probolinggo Nyaris Ambruk, Siswa Belajar di Musala

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

atap sekolah ambruk di SDN 4 Tongas Probolinggo

jatimnow.com - 3 ruang kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Tongas Wetan, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo nyaris ambruk. Para siswa terpaksa harus diungsikan di tempat seadanya agar tetap belajar.

Ruang kelas yang nyaris ambruk di sekolah itu yakni kelas 3, 4 dan 5. Kerusakan itu sudah mulai terluhat sejak 3 tahun silam.

"Memang sudah mulai rusak sejak tahun 2015 kemarin. Namun tidak begitu parah sehingga siswa masih belajar di ruang itu," kata, Kasiyati, Kepala SDN 04 Tongas Wetan, Sabtu (29/8/2018).

Kasiyati mengaku, yang paling parah mulai di rasakan pada 2017 kemarin, karana langit langit ruang kelas sudah mulai ambrol. Bahkan beberapa kayu atap sudah jatuh.

"Jadi kami  memindahkan siswa belajar diruang seadanya dilingkungan sekolah," ungkapnya.

Perempuan yang mengaku sudah 6 tahun menjadi kepala sekolah disana menjelaskan, siswa yang berada di kelas rusak tersebut dipindahkan ke tiga tempat, yakni di ruang UKS, Perpustakan dan Musala.

"Dalam setahun ini mereka belajar di tempat itu, karena kelasnya masih rusak dan membahayakan jika digunakan belajar mengajar," tegasnya.

Kasiyati mengaku, kerusakan ruangan kelas itu, bukan karena termakan usia. Namun kerusakan disebabkan kayu penyangga atap lapuk akibat air hujan dan juga dimakan rayap.

"Bangunan itu merupakan bangunan DAK tahun 2012 saat saya masih baru menjadi kepala sekolah disana. Bangunan itu mulai dikerjakan rekanan," tegasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter