Tahun ini Pemkot Blitar Bagi 1.262 unit Sepeda Gratis

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: CF Glorian

Siswa SMP yang sudah mendapatkan pembagian sepeda gratis.

jatimnow.com - Program kebijakan sepeda gratis yang dilakukan Pemkot Blitar, terus dimaksimalkan.

Setelah sebelumnya di tahun 2017 hanya siswa SMP kelas 8 dan 9, kini giliran kelas 7 juga akan mendapatkan program pendidikan sepeda gratis dari Pemkot Blitar.

Pada tahun 2018 ini, pemerintah menganggarkan dana sedikitnya Rp 3 miliar lebih, untuk membeli sepeda bagi siswa kelas 7 SMP yang ada di Kota Blitar.

"Tahun ini, kami sudah anggarkan untuk pengadaan sepeda gratis. Jumlahnya 1.262 unit. Kalau anggaranya sekitar Rp 3,34 miliyar rupiah dari APBD Kota Blitar," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar Dindin Alinurdin, di Kantornya, Jumat (16/03/2018).

Sepeda gratis yang akan diberikan oleh Pemkot Blitar tahun ini tidak akan berubah bila dibandingkan pemberian sepeda sebelumnya. Termasuk model, warna dan bentuk akan tetap sama.

Dikatakannya, sepeda gratis tersebut nantinya wajib digunakan para siswa ketika berangkat ke sekolah.

Bahkan pemerintah disebut sudah menyiapkan sanksi bagi siswa yang kedapatan masih membawa sepeda motor ke sekolah.

"Ada sanksi juga untuk itu. Sepeda yang sudah dibagikan tidak boleh dirubah dalam artian dimodifikasi. Jadi ketika sudah bentuknya seperti itu, siswa nggak boleh merubah apapun," ungkapnya.

Meski sebelumnya sudah dibagikan, namun penggunaan sepeda gratis oleh siswa SMP di Kota Blitar tidak digunakan secara masal dan serentak.

Namun, dilakukan secara terjadwal atau tidak setiap hari para siswa mengayuh sepeda.

"Biasanya dalam sehari ada 2 sampai 3 sekolah yang dijadwalkan pakai sepeda gratis. Sekolah lainnya bisa pakai bus sekolah. Kalau masal, jalanan kita ndak mampu. Jadi ini juga untuk menjaga keselamatan siswa sekalian mencegah kemacetan pas waktu berangkat sama pulang sekolah," jelas Dindin.

Ia menambahkan, program pengadaan sepeda gratis untuk 1.262 siswa kelas 7 di seluruh SMP Negeri di Kota Blitar saat ini masih dalam tahap lelang dan akan segera terealisasi.

"Kita perkirakan tahun ajaran 2018/2019 sudah bisa dipakai," pungkasnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter