Hari Tagana

Mengintip Tingkah Tagana Cilik di Ponorogo, Lucunya...

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Tagana cilik saat belajar memasak

jatimnow.com - Markas Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ponorogo di Jalan Budi Utomo tampak ramai, Jumat (16/3/2018). Tapi, bukan karena ada bencana, melainkan karena ada kunjungan dari TK Muslimah NU Ponorogo.

Anak TK yang masih cilik-cilik itu turut memeriahkan HUT Tagana ke 14. Mereka pun memakai seragam putih sambil mengikat kepalanya dengan sebuah tulisan “Tagana Kecil”. Di markas itu, mereka banyak belajar bagaimana seorang tagana menangani pasca bencana.  

Awalnya, mereka melihat foto dan video yang dipersembahkan oleh Tagana Indonesia tentang kegiatan Tagana dalam menangani pasca bencana. Tidak hanya bencana alam, namun juga bencana sosial.

Puluhan anak TK itu pun diajak mengenal Dapur Umum (DU), termasuk ikut memasak nasi 'bencana' yang terdiri dari sarden, telur goreng dan mie. Kemeriahan dan kelucuan terlihat jelas kala itu.

Mereka juga dikenalkan dengan kompor, peralatan dapur dan berbagai barang yang biasa dibawa tim tagana ketika menangani pasca bencana di lokasi kejadian.

"Asyik tadi bisa melihat slide dan foto bencana. Bisa masak bareng juga. Makan bersama teman-teman," kata Queen salah satu siswa seusai acara itu.

Sementara itu, Koordinator Tagana Ponorogo, Didik Purwanto, mengatakan memang di HUT ke 14 Tagana membuka diri kepada anak-anak. Terutama apabila ingin belajar langsung bagaimana kegiatan Tagana selama di daerah bencana.

"Kami kenalkan alat-alat DU, tenda pengungsian dan cara pengoperasiannya. Termasuk melihat dan ikut memasak," kata Didik.

Tujuannya, lanjut ia, deteksi kaum rentan yakni anak-anak dalam bencana bisa diminimalisir. Disamping itu, juga ada trauma healing. "Biar mereka tahu ke depannya bagaimana ketika menghadapi masalah," ujarnya.

Ia mengaku, Tagana Ponorogo membuka pintu selebar-lebarnya bagi semua yang ingin belajar. Termasuk apabila ada yang ingin mengundang tim Tagana untuk belajar kegiatan Tagana.

 

Reporter: Mita Kusuma

Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter