Pixel Code jatimnow.com

Palajar SD Kaliasin Surabaya Tebar 8000 Bibit Ikan di Sungai Kalimas

Editor : Arif Ardianto Reporter : Farizal Tito
Para siswa SD menyebar bibit ikan di Sungai Kalimas Surabaya
Para siswa SD menyebar bibit ikan di Sungai Kalimas Surabaya

jatimnow.com - Sebanyak 400 pelajar sekolah dasar (SD) menyebar 8000 ekor bibit ikan di Sungai Kalimas Surabaya, Sabtu (6/10/2018).

Para pelajar SDN Kaliasin 1 Surabaya tersebut nampak antusias memasukkan ikan ke dalam sungai.

Delapan ribu bibit jenis ikan yang disebar terdiri dari berbagai macam jenis ikan. Diantaranya bibit ikan bader, ikan emas, dan ikan mujaer, ikan lele, ikan patin, dan ikan tombro.

Dari pantauan dilokasi, acara yang bertujuan untuk memperingati hari habitat internasional itu, sebanyak 400 siswa dari kelas satu dan dua SDN Kaliasin 1 Surabaya terlihat berbaris rapi di taman presentasi yang berada di jalan Ketabang Kali Surabaya.

Mengenakan seragam Pramuka mereka terlihat sibuk menuangkan 10 bibit ikan air tawar yang dibawanya dari rumah kedalam toples gayung maupun ember.

"Sebelum ikannya dilepas ke sungai, Ayo kasih makan dulu  biar ikannya tidak mati," teriak salah satu pelajar.

Tak lama kemudian, dengan di dampingi para guru, 400 siswa itu silih berganti menuruni anak tangga menuju ke bantaran sungai.

"Satu... Dua.. tiga... Ayo tuangkan ikannya, biar mereka hidup bebas dihabitatnya," teriak salah satu guru untuk mengomandoi para siswa.

Usai menyebar bibit ikan, mereka meneriakkan perpisahan dengan ikan.

"Selamat hidup di habitat mu ikan, cepat besar ya ikan-ikan kecil," teriak siswa sembari melambaikan tangan.

Mardiningsih, Kepala SDN Kaliasin 1 Surabaya menuturkan, kegiatan yang dilakukan itu selain untuk memperingati hari habitat internasional, sebagai upaya untuk mengajarkan siswa merawat ekosistem dan biota sungai Surabaya.

"Harapannya anak-anak bisa menjaga kelestarian mahluk hidup, termasuk ikan yang ada di sungai Kalimas ini. Dengan menyebarkan bibit ikan di sungai artinya kita juga merawat biota air," tutur Mardiningsih.

Ia mengungkapkan, kegiatan yang sudah digalakkan sejak setahun lalu itu juga sebagai upaya untuk menjaga kualitas air yang ada di sungai Kalimas. Karena diakuinya air yang ada di sepanjang sungai Kota Surabaya ini merupakan sumber bahan baku air minum kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

"Limbah rumah tangga menjadi penyebab terbesar kali Surabaya terkena pencemaran. Semoga kegiatan ini bisa menekan pencemaran air," ungkapnya.

Aldi Meola (7) siswa kelas 1E SDN Kaliasin 1 Surabaya mangatakan, ia menebarkan 10 ikan emas. Ia juga mengaku gembira mengikuti acara tersebut.

"Tadi saya menyemburkan 10 ikan emas, senang sekali supaya ikan-ikan saya bisa tumbuh besar di sungai," kata Aldi.





Baca juga:
Melihat Kegiatan Cinta Sekolah untuk Siswa Baru di SMK PGRI 3 Kota Malang