jatimnow.com
Polisi Pasang Pengamanan Berlapis untuk Pilkades Serentak di Blitar

Kapolres Blitar Kota mengecek persiapan pengamanan anak buahnya

jatimnow.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Blitar menjadi atensi kepolisian dalam hal menjaga keamanan. Perhelatan Pilkades tersebut tak jarang menimbulkan gesekan antar pendukung.

Sedikitnya 406 personel gabungan yang terdiri dari TNI dan POLRI serta Linmas diterjunkan untuk mengamankan agenda ini.

Petugas menerapkan pengamanan berlapis di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal ini sebagai langkah meminimalisir gesekan antar pendukung.

"Pengaman TPS kita lakukan dengan metode tiga ring. Kapolsek wilayah bertindak sebagai perwira pengawas yang akan dibantu oleh perwira pengendali di tiap ring pengamanan," terang Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar, Senin (08/10/2018).

Di wilayah hukum Polres Blitar Kota, ada delapan desa di lima kecamatan yang akan menggelar pilkades. Masing-masing satu desa di kecamatan Wonodadi, Udanawu, Nglegok, dua desa di kecamatan Sanankulon, dan tiga desa di kecamatan Ponggok.

Dijelaskannya, check in anggota akan dilakukan sejak hari ini, hingga Rabu (10/10/2018) lusa nanti. Setiap anggota akan melaporkan kondisi terkini pelaksanaan Pilkades.

"Prinsip kita, kita maksimalkan perkuatan dan metode pengamanan untuk meminimalkan terjadinya resiko yang kita hadapi," ujarnya.

Hingga saat ini, baik Polisi, TNI dan Linmas terlihat sudah mulai berjaga di tiap TPS. Pengamanan ini juga akan dilakukan secara terbuka maupun tertutup.

"Kita berharap agar pelaksanaan Pilkades di wilayah hukum Polres Blitar Kota berjalan lancar dan masyarakat juga bisa menggunakan hak suaranya," tandas Adewira.

Loading...

Berita Terkait