Polisi Tangkap Joki SIM di Ponorogo

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Joki sim saat berada di Mapolres Ponorogo

jatimnow.com - Polisi mengamankan pemuda yang menjadi joki pengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Ponorogo, Kamis (11/10/2018). Joki tersebut tertangkap saat ujian prkatik.

"Memang kita habis menangkap pemuda yang diduga joki SIM. Dan tertangkap tangan setelah ujian praktik pembuatan SIM," kata Kasat Lantas Polres Ponorogo, AKP William Thamrin Simatupang, Kamis (11/10/2018).

Ia menceritakan, terbongkarnya praktik joki SIM ini berawal dari tersangka Kurniawan yang ingin membantu temannya lantaran gagal ujian praktik SIM. Pelaku menggunakan penutup muka dan helm.

"Saat itu kami memakluminya. Apalagi cuaca sangat panas. Jadi kami membebaskan bagi para peserta ujian praktik menggunakan penutup muka," kata AKP William.

Menurutnya, saat ujian praktik, pelaku sangat lihai. Petugas pun sempat heran dengan kelihaian pelaku.

Namun, kebohongannya terbongkar saat harus menandatangani berkas. Karena, petugas memintanya untuk membuka penutup muka.

"Nah pas dibuka itu foto di fotocopy KTP dengan wajahnya berbeda. Belum lagi gelagatnya," urainya.

Akhirnya, lanjut ia, petugas mengecek KTP yang ada di dompet pelaku. Muka juga berbeda, tidak sama dengan fotocopy yang ada di berkas permohonan SIM. Baik wajah maupun identitas.

"Kami amankan dan kami limpahkan ke Reskrim. Sebelumnya orang tua juga kami panggil. Agar mengetahui jika anaknya berbuat seperti ini," urainya

Walaupun dilimpahkan ke Reskrim, kata AKP William, kasus ini tidak diperpanjang. Hanya saja, pelaku diberi peringatan.

"Kalau analisa mentah saya, hanya ingin sekedar membantu temannya. Bukan sebagai profesi. Makanya kami limpahkan, habis itu diberi pembinaan," bebernya.

Ia menjelaskan, tidak menutup kemungkinan masih ada praktik joki lainnya. Mengingat proses pembuatan SIM sangat sulit. Tercatat dari 100 pemohon SIM setiap harinya, hanya 20 pemohon yang lulus.

"Ya kalau ditanya ada joki atau tidak? Nyatanya kemarin kami nangkap. Semoga itu pertama dan terakhir," harapnya.

Ia mengimbau agar pemohon SIM tidak menggunakan joki. Semua tes mulai dari teori dan praktik wajib dilakukan bagi pemohon adalah sebagai uji kompetensi bagi keselamatan pribadi jalan.

 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter