Mangga Jumbo Beraroma Madu Hasil Silangan Warga di Ponorogo

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Zacky menimbang buah mangga hasil silangannya

jatimnow.com - Seorang warga Ponorogo berhasil menyilangkan tanaman mangga madu dengan mangga yang berasal dari Thailand (Kio Jay). Dari persilangan tersebut didapat hasil buah yang besar serta rasa dari mangga madu yang khas.

Zacky Arista warga Jalan Rumpuk, Kelurahan Kertosari, Kabupaten Ponorogo ini memang terkenal meiliki hobby bereksperimen tanaman di rumahnya. Berbagi buah silangan dikembangkan di pekarangan rumahnya, diantaranya sawo, durian dan berbagai jenis tanaman buah lainnya.

Hasil silangan mangga milik Zacky ini bisa dibilang memiliki kualitas unggul. Memiliki ukuran buah besar dan memiliki rasa manis seperti madu.

Buah mangga hasil silangan Zacky ini mencapai berat antara 1,5 - 2 kilogram. Berbeda dengan buah mangga biasa yang hanya berbobot 200-400 gram.

Jatimnow.com berkesempatan untuk mencicipi buah mangga berukuran besar milik Zacky. Dengan seksama, Zacky memilihkan buah yang dirasa matang untuk dipetik.

"Ini merupakan buah yang kesekian. Bisa juga berbuah sepanjang masa. Tapi pasti berbuah saat musim seperti ini," kata Zacky kepada jatimnow.com, Minggu (14/10/2018).



Saat jatimnow.com mencicipi buah mangga jumbo tersebut, terasa sedikit berbeda dengan mangga lokal pada umumnya. Rasa manis berpadu dengan sedikit gurih. Daging mangga ini pun tergolong tebal dengan biji yang tipis.

"Beda dengan lokal. Mangga lokal kaya madu itu ya manis, tapi ketika masih muda kan tetep asam. Kalau mangga kiojay gak," bebernya.

Karena berukuran sekitar empat kali lipat dengan mangga biasa, satu buah ini dapat dinikmati 3 sampai 4 orang.

Kendala dari mangga ini, imbuh Zacky, adalah hasil buah yang didapat pada setiap batangnya tergolong minim. Karena berukurn besar, batang pohon tidak mampu menopang jumlah buah yang banyak. Satu batang pohon hanya bisa menghasilkan 3-5 buah mangga. Berbeda dengan mangga lokal yang bisa menghasilkan 8 buah di setiap batangnya.

"Kelebihan buahnya besar, 1,5 Kg - 2 Kg. Rasanya manis, enak yang masih mangkal. Harga per 100 gramnya hanya Rp 2500 saja," tutur pria yang gemar bereksperimen di bidang tanaman ini.

Zacky berencana menyempurnakan lagi hasil silangannya untuk mendapatkan buah dengan kualitas super dengan hasil yang maksimal pada setiap pohonnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter