jatimnow.com
Menjelajahi Indahnya Air Terjun Lider di Banyuwangi

Air terjun Lider di hutan Gunung Raung, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

jatimnow.com - Air terjun Lider, adalah salah satu wisata alam legendaris di Banyuwangi. Destinasi wisata yang ada di hutan Gunung Raung, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon ini menyuguhkan pengalaman seru saat perjalanan menuju ke sana.

Jika ke sana melalui Desa Sumberarum, maka sepanjang perjalanan akan melintasi hamparan hutan pinus, cengkeh, tebu bahkan permukiman khas perkebunan di kawasan perkebunan Bayu Kidul. Pemandangan itu akan ditemui hingga di pos Lider sebagai pemberhentian terakhir kendaraan.

Pengalaman menjelajah alam lereng Gunung Raung dimulai saat menyusuri sungai menuju ke air terjun setinggi 112 meter tersebut. Dari Pos Lider, wisatawan akan didampingi pengelola wisata untuk menuruni tebing yang curam.

"Sudah kami siapkan track yang aman untuk menuju ke air terjun Lider," kata Dicky Hari, pengelola wisata air terjun Lider, kepada jatimnow.com, Minggu (14/10/2018).

Di bawah tebing, wisatawan akan ditunggu sungai berair jernih nan dingin berarus sedikit deras, namun dangkal. Kedalamannya rata-rata hanya selutut orang dewasa. Di hulu sungai inilah air terjun terbesar di Banyuwangi, itu berada.

"Dulu, wisatawan harus beberapa kali menyeberangi sungai untuk ke sana. Sekarang sudah kami siapkan track selebar satu meter di sisi sungai dan dipastikan keamanannya," tambahnya.

Perjalanan menyusuri sungai yang membelah hutan lindung yang lebat tersebut ditempuh sekitar 30 menit. Jika jalur yang dilalui benar, sebelum sampai di air terjun Lider, wisatawan akan menemui air terjun kecil yang juga mempesona.

Perjuangan menuju ke air terjun yang berada di ketinggian 1300 mdpl tersebut akan terbayarkan dengan keindahannya. Selain alam pegunungan yang relatif alami, pada dinding air terjun utama ada 6 air terjun kecil yang juga bagian dari air terjun utama.

"Dinding tebing jurang itu berupa batu-batu besar yang berdimensi rata. Di sisi kiri dan kanannya ada air yang memancar seperti pancuran alam," sebutnya.

Di air terjun Lider, wisatawan bisa bersantai atau bahkan mandi. Namun tidak disarankan untuk langsung berada persis di bawah derasnya guyuran air atau saat debit air tinggi.

Loading...

"Kebanyakan wisatawan berswafoto di sana, dengan latar belakang air terjun Lider," pungkasnya.

Berita Terkait