Pemkab Banyuwangi Somasi Pengunggah 'Festival Rondo Sewu'

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Screenshot meme Festival Rondo Sewu yang diunggah oleh akun Facebook bernama Muhammad Helmy Rosyadi.

jatimnow.com - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, M Yanuar Bramuda mengaku geram dengan beredarnya meme ‘Festival Rondo Sewu untuk mengangkat janda yang bertalenta".

Meme yang beredar di Facebook dan grup WhatsApp itu dinilai melecehkan pagelaran seni budaya Festival Gandrung Sewu yang akan digelar pada 20 Oktober 2018 mendatang.

"Sudah kita somasi yang bersangkutan," kata Bram saat dikonfirmasi jatimnow.com, Jumat (19/10/2018).

Menurut Bram, pagelaran Gandrung Sewu itu merupakan ajang untuk melestarikan salah satu kesenian di tengah kemajuan zaman.

Bahkan, tarian ini juga banyak mengandung sejarah perjuangan masyarakat Banyuwangi saat melawan penjajahan.


Ia juga menjelaskan tema Gandrung Sewu tahun ini juga mengandung sejarah, yaitu "Layar Kumendung". Saat acara itu, nanti akan menampilkan kisah heroisme (kepahlawanan) Bupati pertama Banyuwangi, Raden Mas Alit.

Pada saat masa penjajahan itu, Mas Alit melakukan ekspedisi pelayaran (Layar) hingga akhirnya gugur. sehingga menyebabkan kesedihan (Kumendung) bagi rakyat di Bumi Blambangan.

Kisah itu kemudian dituangkan dalam salah satu gendhing bernama Layar Kumendung.

"Kisah kepahlawanan itu dikemas dalam fragmen menarik, sehingga pertunjukan ini tidak sekadar peristiwa seni dan budaya. Tapi juga menjadi media untuk kembali mengingat sejarah pahlawan yang telah berjasa bagi daerah ini," tandas Bramuda.

Dari penelusuran jatimnow.com, meme ‘Festival Rondo Sewu untuk mengangkat janda yang bertalenta" itu diunggah oleh akun Facebook bernama Muhammad Helmy Rosyadi pada tanggal 12 Oktober 2018, pukul 09.04 dan 23.46 Wib. Ia menandai 48 orang temannya di Facebook.

Hingga saat ini pukul 14.56 Wib, postingan tersebut masih terpampang pada beranda akun tersebut.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter