Ramai-ramai ke Banyuwangi Nonton Gandrung Sewu

Editor: Budi Sugiharto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Keindahan di Banyuwangi

jatimnow.com - Bingung memilih berakhir pekan? Tidak perlu risau. Banyuwangi menawarkan segudang wisata alam dan beragam fetival. Agenda terdekat adalah Festival Gandrung Sewu.

Eit, tapi beberapa hari menjelang digelarnya Gandrung Sewu pada Sabtu, (20/10), ribuan wisatawan sudah datang ke Banyuwangi sehingga berakibat melonjaknya okupansi hotel.

Bahkan, sebagian besar hotel di Bumi Blambangan itu telah kehabisan kamar. Hotel El Royale misalnya. Tingkat hunian kamar di hotel bintang empat yang dikelolalanya untuk pekan ini memang mengalami peningkatan tajam. Dari 161 kamar yang ada, tak tersisa.

“Peningkatan ini sudah terjadi mulai hari senin kemarin (15/10) hingga Minggu (21/10). Hari biasa okupansi kami 60 persen, pekan ini 95 persen, bahkan hari Jumat ini sudah 100 persen,” kata General Manager Hotel El Royale, Agus Setiawan.

Meningkatnya jumlah hunian kamar di hotel tersebut, lanjut Agus, salah satunya diisi wisatasan yang akan menonton Festival Gandrung Sewu. Mereka rata-rata mulai masuk sejak Kamis (18/10) dan Jumat (19/10), lalu akan check out pada Minggu (21/10).

“Setiap ada festival di Banyuwangi pasti berimbas dengan hunian hotel kami. Para wisatawan rata-rata juga menyewa kendaraan selama di Banyuwangi dari para pelaku usaha jasa transportasi lokal,” ujarnya.

Nampaknya kenaikan tingkat okupansi juga terjadi di seluruh hotel berbintang di Banyuwangi, mulai Dialoog Hotel, Illira, Aston, Santika, Ketapang Indah, hingga yang berkonsep resor dan villa seperti Solong Villa.

Pengelola hotel Ketapang Indah Banyuwangi, Hawa Suciati mengatakan, pada akhir pekan ini tepatnya mulai Jumat-Sabtu (19-20/10), okupansi hotel yang terletak di pinggir pantai tersebut mencapai lebih dari 90 persen.

“Pelanggan kami rata-rata wisatawan yang berlibur di Banyuwangi baik dalam negeri maupun mancanegara. Mereka sengaja ke mari untuk berwisata sekaligus menonton Festival Gandrung Sewu besok,” ujar Cici.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter