Tiga Mahasiswa Asing Kepincut Belajar Bikin Kue Cikak di Surabaya

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Tiga mahasiswa asing sedang membuat kue

jatimnow.com - Tiga mahasiswa dari University of Southern Denmark. yang sedang mengikuti program student exchange di  Universitas Surabaya (Ubaya), kepincut belajar membuat kue tradisional di Surabaya.

Ketiganya mencoba membuat kue tradisional Cikak atao biasa disebut kue Tok di kampung kue Rungkut Lor Surabaya. Senin (22/10/2018).

Anneke Schon, Sigudur Ingvar Thorarinsson dan Christin Enja Lisette Saermar Andersen mahasiswa asing yang terpacing untuk belajar proses pembuatan kue Cikak atau kue Tok.

Dipandu ibu-ibu kampung, mereka dengan telaten mengupas kacang hijau sebagai isian kue, mebuat adonan kue hingga mencetaknya kue tok tersebut dengan berbagai bentuk.

Anneke mengungkapkan pengalaman ini membuatnya banyak belajar tradisi di Indonesia. Mulai dari sikap masyarakatnya hingga pemilihan makanannya.

"Ini jenis makanan yang benar-benar baru dari di negara saya. Dan sangat menarik karena saya bisa bikinnya," tutur Anneke.

Selain membuat kue tok dengan cetakan, ketiga mahasiswa asal Denmark itu juga belajar membuat kue Tok dengan cara manual. Dalam kreasinya, mereka membuat kue tok berbentuk hewan hingga buah-buahan.

Agar kue kreasinya terlihat menarik merkea mengecatnya dengan sari buah naga dan sari pandan.

"Saya membuat kue tok menyerupai cabai merah, ini bentuknya keren kan," terang Christin.

Choirul Mahpuduah, Ketua Kampung Kue mengatakan, tiga mahasiswa itu diajak membuat kue Cikak yang bernuansa kekinian. Kenapa diajak membuat kue tok? Menurutnya, proses pembuatannya mudah dan bahannya pun gampang dijumpai.

"Selain itu, prosesnya yang lebih praktis akan mudah dibuat oleh pemula. Pemakaian sari buah juga untuk mengurangi pemakaian pewarna. Jadi mereka sangat tertarik belajar membuat kue disini," tuturnya.

Direktur Kerjasama Kelembagaan Ubaya, Adi Prasetyo Tedjakusuma menjelaskan, pembuatan kue ini sebagai bentuk pengenalan budaya pada mahasiswa asing agar bisa lebih mengenal kue tradisional di Surabaya.

"Semoga setelah praktik membuat dan mencicipi berbagai kue tradisional di Indonesia. Mereka menceritakan kesan selama di Indonesia saat kembali ke negara asalnya," pungkas Adi.








Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter