Coblosan Ulang Pilkada Sampang, Hampir 1000 Polisi Disiagakan

Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol Heri Sitompul menyampaikan pesan saat pemberangkatan 274 personil ke Sampang.

jatimnow.com - Untuk mengamankan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Sampang, Polda Jawa Timur menerjunkan sebanyak 974 personil yang diberangkatkan dalam dua tahap.

Pada tahap pertama, Brimob Polda Jatim mengirimkan sebanyak 700 personel pada Senin (22/10/2018). Tahap kedua, Kepala Biro Operasional kembali memberangkatkan 274 personil hari ini, Kamis (24/10/2018).

"Kemarinnya sudah diberangkatkan Brimob 700 personel. Hari ini Kepala Biro Operasional memberangkatkan lagi 274 personel," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera saat dikonfirmasi di Mapolda Jatim, Rabu (24/10/2018).

Barung mengatakan, para personel ini dikirim untuk mempertebal keamanan titik-titik yang diselenggarakannya coblosan ulang. Rencananya, minimal ada satu personel di tiap TPS. Para personel ini juga akan dibantu pihak TNI dan Linmas.

"Dengan maksud mempertebal pengamanan ke TPS nantinya. Satu TPS dibackup minimal 1 anggota dengan tambahan TNI dan Linmas," papar Barung.

Pihaknya berharap, pelaksanaan PSU Pilkada Sampang pada Sabtu (27/10/2018) nanti, berjalan dengan aman, dengan dorongan sejumlah personil, baik Brimob, maupun satuan fungsi lainnya, serta TNI.

Ditanya terkait lokasi-lokasi rawan, Barung menegaskan, berdasarkan instruksi Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, seluruh lokasi menjadi prioritas pengamanan kepolisian.

"Dari sekian ratus TPS, semua menjadi prioritas. Jadi misalkan Sampang ini ada hal-hal yang tidak diinginkan, kita siap," tambahnya.

Sementara itu, Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol Heri Sitompul berpesan agar para anggota yang diberangkatkan itu bertanggung jawab penuh terhadap keamanan. Karena Pilkada yang diulang hanya terjadi di Jatim saja.

Loading...

"Pilkada yang diulang di Indonesia hanya Jawa Timur saja. Maka dari itu saya mengimbau kepada anggota Polda Jatim yang di BKO kan dan anggota polres jajaran yang ikut serta mengamankan, nanti harus benar-benar baik dan bertanggung jawab atas apa yang menjadi kewajiban kita sebagai anggota Polri," pesannya saat memberangkatkan 274 personel itu.

Berita Terkait