Tahun Depan, Biaya Pendidikan SMA di Jatim Digratiskan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Gedung Negara Grahadi

jatimnow.com - Kabar baik bagi siswa SMA di Jawa Timur. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Jatim rencananya akan menggratiskan biaya pendidikan atau SPP dan seragam tahun depan. Kebijakan yang dimulai sejak Juli 2019 ini diperuntukkan bagi siswa SMA Negeri dan Swasta.

Hal ini dirumuskan dalam rapat antara Komisi E DPRD Jatim dengan Dinas Pendidikan Jatim yang telah menyepakati alokasi anggaran sebesar Rp 904 miliar. Uang tersebut nantinya akan digunakan untuk menutup biaya SPP dari total 1.280.545 siswa di Jawa Timur.

"Rapat Komisi E dan Dinas Pendidikan Jatim menyepakati alokasi anggaran Rp 904 miliar untuk 1.280.545 siswa negeri dan swasta per Juli 2019 nanti," ujar Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Suli Da'im dalam keterangan persnya di Surabaya, Jumat (26/10/2018).

Suli mengatakan bahwa alokasi anggaran ini cukup untuk menggratiskan SPP dan seragam selama enam bulan sejak Juli 2019. Sementara untuk seragamnya, ia menuturkan bahwa ada dua stel seragam yakni seragam putih abu-abu dan pramuka.

Namun, dua seragam tersebut nantinya hanya diberikan kepada siswa baru, baik di sekolah negeri maupun swasta yang totalnya sebanyak 445 ribu kuota.

"Di samping SPP gratis, pemerintah provinsi juga akan memberikan dua stel seragam bagi seluruh siswa negeri dan swasta se-Jatim. Sebanyak 445 ribu siswa untuk siswa kelas 10 dan akan realisasi Juli 2019," tandasnya.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter