Polda Jatim Kirim Tim DVI untuk Pencocokan Data Korban Pesawat Jatuh

Editor: / Reporter: Arry Saputra

Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol dr Budi Haryadi

jatimnow.com - Untuk membantu mengidentifikasi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 yang ada di Jawa Timur, Polda Jatim mengirimkan 4 Tim DVI (Disaster Victim Identification).

Tiga korban Lion Air JT-610 yang hendak diidentifikasi ialah Deryl Fida Febrianto (22 tahun), warga Pomahan Baru, Sukomanunggal, Kota Surabaya; pramugari Alfiani Hidayatul Solikah, warga Mojorejo, Kebonsari, Madiun; dan Trihaska Hafidzi, warga Garungan, Kademangan, Kabupaten Blitar.

Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol dr Budi Haryadi mengatakan, pihaknya telah mengirimkan empat tim untuk melakukan pencocokan data korban.

"Untuk jatim sementara kita mengirimkan dua tim, 1 di Surabaya 1 ke Madiun kemudian ke Blitar untuk memeriksa ante mortem. Pemeriksaan tersebut meliputi riwayat masih hidup dan pengambilan sampel darah dari orang tua untuk mencocokkan DNA," terang Budi kepada jatimnow.com, Selasa (30/10/2018).

Dua tim lainnya, lanjut Budi, ke Jakarta yakni tim ahli forensik yang berangkat kemarin malam dan tadi pagi. Budi mengatakan, untuk yang di Jatim khusus identifikasi pengambilan data pos ante mortem. Sedangkan di Jakarta khusus pos mortem.

"Nanti kita cocokkan. Satu timnya ada dua orang sampai tiga orang, kalau yang ke Blitar dan Madiun 5 orang. 12 orang yang berangkat totalnya," ujarnya.

Sebagai informasi, dalam kondisi bencana atau insiden yang menimbulkan korban jiwa, pengambilan data ante mortem sangatlah penting. Ante mortem diperlukan untuk membantu mengidentifikasi korban yang ditemukan.

Ante mortem sendiri adalah data diri korban sebelum meninggal dunia. Data ante mortem ini didapatkan dari keluarga terdekatnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter