Bertemu Santri Banyuwangi, KH Ma'ruf Amin Janji Entaskan Kemiskinan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

KH Ma'ruf Amin saat bertemu dengan santri Banyuwangi.

jatimnow.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma'ruf Amin berjanji untuk mengentaskan kemiskinan saat berkunjung ke Banyuwangi, Selasa (31/10/2018) malam.

Pendamping Jokowi itu juga berharap kepada kaum santri dan ulama untuk turut andil dalam pengentasan kemiskinan.

"Program (mengentaskan kemiskinan) ini sudah ada dalam kitab yang dipelajari oleh santri-santri di pesantren sejak dahulu hingga sekarang," kata KH Ma'ruf Amin di hadapan ribuan santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Desa Karangsari, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi.

Ia mencontohkan, di Indonesia itu memiliki beberapa komoditi ekspor seperti kopi dan cokelat. Tapi, kopi yang diekspor dengan harga 5 dolar per kilogram itu setelah diproses di luar negeri, dijual kembali ke masyarakat dengan harga yang tinggi.

"Seperti kopi dari petani dijual 5 dolar per kilogram, tapi setelah diolah di sana, dijual di Starbuck di sini seharga Rp 50 ribu per cup. Kalau dihitung 1 kilogram kopi menjadi 60 cup, mereka mendapat uang sekitar Rp 3 juta," kata alumni Ponpes Tebuireng Jombang itu.

Menurut Ma’ruf Amin, itu hanya contoh dari kopi, sehingga ke depannya ia berencana untuk membekali skill petani kopi agar bisa meraup hasil maksimal.

Pada kesempatan itu, ia mengaku apabila nanti terpilih bersama Jokowi, ia mengaku akan menggandeng sejumlah pihak untuk meredistribusi aset negara berupa tanah kepada masyarakat.

"Redistribusi aset ini kita akan menggandeng pesantren-pesantren dan koperasi-koperasi," pungkasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter