Ini Pesan Pakde Karwo ke Satpol PP dan Linmas Jelang Pilkada 2018

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menghadiri HUT Satpol PP ke 68 dan Linmas ke 56 di Gresik.

jatimnow.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyampaikan pesannya bagi anggota Satpol PP dan Linmas di acara di HUT ke 68 Satpol PP dan HUT ke 56 Linmas.

Gubernur yang biasa disapa Pakde Karwo ini menyampaikan pesannya saat menjadi Inspektur Upacara HUT Satpol PP dan Linmas di halaman kantor Bupati Gresik, Senin (19/3/2018).

"Suasana damai dan aman adalah harga mati di Jawa Timur. Tugas anda adalah menegakkan undang-undang, peraturan daerah, peraturan kepala daerah. Sekarang fokus di pilkada, maka tugas pokoknya adalah bagaimana Jawa Timur damai," ujar Soekarwo.

Untuk menjaga suasana damai dan aman, Satpol PP dan Linmas dibekali fungsi yang senantiasa siap siaga menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di seluruh tahapan pilkada, baik sebelum, saat dan setelah pemungutan suara.

"Kondisi damai ini akan dikoordinir oleh Bupati, Wali Kota bersama Kapolres dan Dandim. Maka kemudian, Satpol PP dan Linmas-nya bersatu ikut mendukung diantaranya, mendeteksi dini dan mencegah dini munculnya permasalahan saat masa pilkada," tuturnya.

Gubernur yang dua periode memimpin Pemprov Jatim ini mengatakan, jika ada permasalahan di lapangan, diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut di tingkat kecamatan.

"Jadi, problemnya harus dapat diselesaikan oleh Satpol PP dan Linmas di tingkat kecamatan, dan dibawah pengendali Kapolres dan Dandim," ujarnya.

Diharapkan pemasalahan yang terjadi dapat dideteksi, dikendalikan dan tidak menjalar kemana-mana.

"Jangan sampai api menjadi lebih luas, karena akan mengakibatkan panik dan emosional. Jangan sedikit-sedikit lapor ke bupati lapor ke walikota, selesaikan dulu di tempat saudara," katanya.

Pakde Karwo menegaskan, secara hirarki Gubernur, Kapolda, Pangdam, Bupati, Wali Kota, Kapolres, Dandim, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkompimda) akan terus mengontrol dan membina pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Satpol PP dan Linmas agar dapat berjalan dengan baik.

"Ke depan kami berharap, semua permasalahan dapat diselesaikan di tingkat Kecamatan, dan Camat harus bertanggungjawab di teritorinya. Ingat, yang sedikit-sedikit laporan akan dicatat dan direkom bahwa, anda tidak melaksanakan tugas dengan baik," jelasnya.

Reporter: Jajeli Rois
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter