Tour de Java, Bersepeda Surabaya-Depok Peringati HUT ke 73 Brimob

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Pemberangkatan peserta Tour De Java Brimob Polda Jatim di Madiun

jatimnow.com - Acara sepeda Tour de Java II pada peringatan  HUT ke 73, Brimob telah sampai di kota Madiun, Senin (5/11/2018). Tour De Java ini menempuh jarak 1.005 km dari Monumen Polri di Surabaya menuju ke Mako Brimob Kelapa 2, Depok.

Sedikitnya 73 anggota Brimob (peserta inti) bersepeda dari Surabaya menuju Mako Brimob Kelapa 2 Depok. Mereka menjalani gowes bersama selama 10 hari, Sabtu (4/11/2018) sampai Rabu (14/11/2018).

Acara yang digelar memperingati HUT ke-73 Brimob Polri ini dipersembahkan bagi pendahulunya salah satunya Komjen M. Yasin. Komjen M. Yasin merupakan pahlawan nasional sekaligus bapak Brimob Polri.

Mereka menempuh jarak 1.050 km yang terbagi menjadi 11 etape dari Surabaya hingga ke Depok.

"Ya memang ada 73 peserta inti dari Brimob. Sesuai HUT Brimob. Tour de Java ini kan memperingati HUT Brimob," kata ketua panitia Tour de Java, Kombes Pol Rudi Harianto di Mako Brimob Desatemen C Madiun, Jalan Yos Sudarso, Senin (5/11/2018).

Di setiap etape atau kota yang dilalui, akan ada tambahan peserta. Perserta akan makin banyak pada garis finish di Mako Kelapa 2 Depok.

"Ya seperti sekarang. Di etape II kan ada gabungan dari peserta gowes. Ada yang dari Polres Madiun, Polres Madiun Kota maupun masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada 1.005 km yang dilintasi dibagi menjadi 11 etape. Ia merinci untuk etape pertama atau start dimulai dari Monumen Polisi Istimewa di Surabaya sampai Wilangan Nganjuk. Etape kedua, mulai dari Wilangan ke Sarangan, Magetan.

"Etape dua kami berhenti juga sebentar di Mako Brimob Detasemen C Madiun. Baru melanjutkan ke Sarangan, bermalam  di Sarangan," ujarnya.

Rudy menjelaskan, para peserta dijadwalkan mencapai finis pada tanggal 14 November 2018. Bertepatan pada HUT Brimob ke 73.

Di setiap etape, lanjut ia, peserta melakukan jejak sejarah polisi istimewa. Ia mengaku, pada etape pertama di situs Watukosek Mojokerto. Kemudian etapi kedua juga melihat monumen kresek di Madiun dan Suryo di Magetan.

"Nanti di Yogyakarta juga ke Desa Kemusuk. Di sana ada situs Brimob juga," ujar Kombes Pol Rudi.

Kemudian, di Jawa Barat nanti peserta juga Mampir di Trijaya Kuningan. Terakhir di Rengasdenglok.

"Kita juga membawa misi pemilu damai. Kita gelorakan itu," pungkasnya.




jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter