Ini Persiapan Dispendik Surabaya Menghadapi USBN Siswa SD

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Guru-guru SD di Surabaya yang dikumpulkan oleh Dispendik

jatimnow.com - Menjelang Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) siswa Sekolah Dasar (SD) yang akan digelar enam bulan mendatang, Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya mengumpulkan ratusan guru SD, Senin (05/11/2018).

Dalam kegiatan tersebut, Dispendik Surabaya juga melakukan pengarahan dalam menyusun soal-soal latihan (try out) untuk persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Ikhsan, Kadispendik Surabaya menjelaskan, di era milenial ini, soal-soal latihan atau tryout dikerjakan siswa dalam sistem online.  Dalam soal latihan itu akan menekankan pada 4C, yaitu  Critical Thingking (berpikir kritis), Colaboration (kerja sama), Creativity (kreativiyas), dan Communication(komunikasi).

"Soal-soal latihan yang dikerjakan para siswa dengan sistem online. Untuk lebih bisa memecahkan soal-soal latihan dan memberi motivasi pada siswa, soal-soal itu akan diacak," terang Ikhsan.

Munaiyah, Kasi Kurikulum Sekolah Dasar mengungkapkan, dalam mensukseskan USBN di Kota Surabaya, pihaknya menerapkan sharing pengalaman antar sekolah-sekolah yang pada tahun 2018 lalu yang berhasil memperoleh nilai-nilai yang maksimal.

"Dengan sistem sharing diharapkan capaian USBN-nya bagus sehingga sekolah-sekolah lain dapat mencontoh untuk bersama-sama meningkatkan prestasi," terang Munaiyah.

Ia mengungkapkan, guna melatih para siswa kelas 6 yang sebentar lagi akan menghadapi ujian, Dispendik sudah mempersiapkan 18 paket soal latihan Matematika, 17 paket soal latihan IPA dan Bahasa Indonesia.

Menurutnya soal-soal tersebut dapat dikerjakan para siswa melalui try out online ataupun CD yang telah diberikan kepada sekolah-sekolah.

"Komposisi soal latihan selain pilihan ganda juga terdapat soal uraian, sehingga siswa dapat belajar secara optimal," pungkas Munaiyah.







jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter