jatimnow.com
Ini Persiapan Dispendik Surabaya Menghadapi USBN Siswa SD

Guru-guru SD di Surabaya yang dikumpulkan oleh Dispendik

jatimnow.com - Menjelang Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) siswa Sekolah Dasar (SD) yang akan digelar enam bulan mendatang, Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya mengumpulkan ratusan guru SD, Senin (05/11/2018).

Dalam kegiatan tersebut, Dispendik Surabaya juga melakukan pengarahan dalam menyusun soal-soal latihan (try out) untuk persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Ikhsan, Kadispendik Surabaya menjelaskan, di era milenial ini, soal-soal latihan atau tryout dikerjakan siswa dalam sistem online.  Dalam soal latihan itu akan menekankan pada 4C, yaitu  Critical Thingking (berpikir kritis), Colaboration (kerja sama), Creativity (kreativiyas), dan Communication(komunikasi).

"Soal-soal latihan yang dikerjakan para siswa dengan sistem online. Untuk lebih bisa memecahkan soal-soal latihan dan memberi motivasi pada siswa, soal-soal itu akan diacak," terang Ikhsan.

Munaiyah, Kasi Kurikulum Sekolah Dasar mengungkapkan, dalam mensukseskan USBN di Kota Surabaya, pihaknya menerapkan sharing pengalaman antar sekolah-sekolah yang pada tahun 2018 lalu yang berhasil memperoleh nilai-nilai yang maksimal.

"Dengan sistem sharing diharapkan capaian USBN-nya bagus sehingga sekolah-sekolah lain dapat mencontoh untuk bersama-sama meningkatkan prestasi," terang Munaiyah.

Ia mengungkapkan, guna melatih para siswa kelas 6 yang sebentar lagi akan menghadapi ujian, Dispendik sudah mempersiapkan 18 paket soal latihan Matematika, 17 paket soal latihan IPA dan Bahasa Indonesia.

Menurutnya soal-soal tersebut dapat dikerjakan para siswa melalui try out online ataupun CD yang telah diberikan kepada sekolah-sekolah.

"Komposisi soal latihan selain pilihan ganda juga terdapat soal uraian, sehingga siswa dapat belajar secara optimal," pungkas Munaiyah.






Loading...

Berita Terkait