Pameran Pendidikan Tinggi Belanda di Surabaya Menarik Minat Pelajar

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Farizal Tito

Pameran pendidikan di Ballroom Four Points Hotel Surabaya

jatimnow.com - Ratusan pelajar, lulusan SMA, mahasiswa perguruan tinggi, karyawan, orang tua murid, maupun praktisi akademis dari daerah sekitar Surabaya memenuhi Ballroom Four Points Hotel Surabaya, Selasa (6/11/2018).

Kehadiran mereka guna mendapatkan penjelasan dari 16 universitas riset maupun universitas ilmu terapan asal Belanda, dalam pameran pendidikan tinggi bertajuk Dutch Placement Day (DPD) & European Higher Education Fair 2018.

Peter Van Tuijl, Direktur Nuffic Neso Indonesia mengatakan, Belanda menduduki peringkat 4 terbaik dalam kualitas pendidikan secara umum. Sembilan universitas riset Belanda berada di 200 besar rangking dunia.

“Sebagai negara yang terkenal dengan keberagaman, Belanda menawarkan berbagai program studi untuk mahasiswa internasional, termasuk asal Indonesia. Lewat pameran pendidikan ini, para pengunjung dapat menggali sejumlah hal seperti konsultasi program studi, dan bagaimana pengalaman tinggal di Belanda, hingga berbagai hal yang berkaitan dengan studi di Belanda,” kata Peter Van Tuijl, Rabu (7/11/2018).

Pameran tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat Surabaya yang tertarik untuk studi di Belanda.

Dalam pameran itu universitas Belanda juga menawarkan beberapa jenjang pendidikan diantaranya foundation, Bachelor, Master, PhD, maupun jenjang non-degree seperti kursus singkat.

"Pengunjung dapat berkonsultasi one on one, sehingga memperoleh informasi langsung dari universitas di Belanda tentang program studi yang ditawarkan. Mulai dari, biaya cara pendaftaran, dan persiapan yang perlu dilakukan untuk mendaftar ke universitas di Belanda. Pada pameran itu universitas akan melakukan presentasi universitas maupun lembaga pengelola beasiswa, seminar menulis motivation statement, hingga mengikuti IELTS Try Out," paparnya.

Ia menambahkan dari 27 institusi pendidikan tinggi Belanda yang datang ke Indonesia untuk mengikuti rangkaian pameran pendidikan DPD & European Higher Education Fair di berbagai kota, 16 institusi memutuskan mengikuti acara DPD di Surabaya.

"Alasan universitas tersebut berpartisipasi pada acara DPD di Surabaya karena mereka melihat besarnya potensi masyarakat baik dari segi minat maupun kemampuan untuk sekolah di luar negeri. Antusias masyarakat Surabaya terhadap informasi pendidikan di luar negeri sangat tinggi," katanya.

Sementara itu, Andara Kartika salah pelajar asal Gresik mengaku sangat tertarik untuk berkuliah di Belanda.

"Mungkin kuliah di Belanda asik ya, semoga bisa mendapatkan informasi beasiswa agar lebih murah untuk kuliah disana," ujar Andara.

 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter