Presiden Jokowi Besok Umumkan 6 Tokoh Bergelar Pahlawan Nasional

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Jajeli Rois

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita

 

jatimnow.com - Presiden RI Joko Widodo akan mengumumkan enam tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional. Rencananya hal itu akan dilakukan pada Kamis besok.

Hal itu disampaikan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita disela menghadiri acara bimbingan teknis penguatan kapasitas pendampingan Bansos Pangan dan bimbingan teknis pendamping sosial kelompok usaha bersama bedah kemiskinan rakyat sejahtera (Kube Bekerja) Tahun 2018 di Harris Hotel-Surabaya, Rabu (7/11/2018) malam.

"Ada enam (tokoh) sudah diputuskan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional," ujar Agus Gumiwang Kartasasmita atau AGK.

Mensos tidak menyebutkan siapa saja 6 tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional yang rencananya besok diumumkan oleh Presiden Jokowi. Hanya daerah asal tokoh tersebut yang disebutkan.

"Dari Babel (Bangka Belitung) ada, dari Yogya ada, dari Banjarmasin, dari Jawa Tengah dari Banten ada, dari Sulbar (Sulawesi Barat) ada," katanya.

"Jadi kali ini mungkin Jawa Timur belum ada. Saya kira Pahlawan Nasional dari Jawa Timur sudah sangat banyak," tuturnya.

AGK mengatakan, tahun 2017 Presiden Jokowi memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada 6 tokoh. Sedangkan tahun sebelumnya, lebih dari empat tokoh.

"Tapi alhamdulillah Pak Jokowi tahun ini sudah menetapkan 6 calon Pahlawan Nasional yang akan diberikan gelar oleh beliau besok," jelasnya.

Beredar nama-nama tokoh yang akan mendapatkan gelar Pahlawan Nasional yakni Abdulrahman Baswedan dari Yogyakarta. Dia merupakan kakek Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kasman Singodimedjo dari Jawa Tengah. KH Sjam'Un dari Banteng. Depati Amir dari Bangka Belitung. Pangeran Muhammad Noor dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. dan Ibu Agung dari Sulawesi Barat.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter