Libatkan Seluruh Angkatan, Alumni SMPN 12 Surabaya Gelar Munas Pertama

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Farizal Tito

Alumni SMPN 12 Surabaya

jatimnow.com - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMPN 12 Surabaya menggelar musyawarah nasional (munas) pertama.

Acara yang berlangsung di Hotel Garden Pallace Surabaya, Minggu (11/11/2018) ini sekaligus menjadi penanda lahirnya IKA SMPN 12 yang baru dibentuk.

Ketua Panitia Munas Concon menjelaskan, terbentuknya IKA ini merupakan keinginan dari para alumni SMPN 12 dan penggagas dari guru.

"Jadi Ikatan alumni ini adalah representasi keinginan dari seluruh alumni dan penggagasnya Drs. Marjuki," ujar Concon, alumni angkatan 1981, melalui rilis yang diterima jatimnow.com, Senin (12/11/2018).

Dewan pembina IKA sekaligus inisiator IKA SMPN 12, Drs. Marjuki menerangkan, proses pembentukan IKA ini telah melalui proses yang panjang hingga memakan waktu 12 tahun. Namun akhirnya baru terbentuk pada tahun ini.

"Mulai 2006 itu sudah terkumpul 10 angkatan, gagal ndak ada berita. 2008 ngumpul lagi 8 angkatan dan gagal lagi, 2010 kumpul lagi 12 angkatan dan gagal lagi, 2012 gagal lagi, 2016 gagal lagi," ujar pria pensiunan guru SMPN 12 ini.

Ia juga menjelaskan alasannya membentuk IKA ini karena menurutnya alumni SMPN 12 telah banyak yang berkontribusi untuk negara dan sekaligus untuk menjadi wadah silaturahmi bagi seluruh alumni.

"Alumni 12 itu banyak yang sukses, ada Ari Lasso sebagai artis, ada Yoyok Padi, ada presenter, ada atlet, juga ada jenderalnya, profesornya dan lain-lain," ujar Marjuki.

Marjuki mengaku terharu setelah terselenggaranya acara munas ini, karena menurutnya panitia telah berjuang keras untuk mewujudkan IKA SMPN 12 ini.

"Makanya saya terima kasih banget dukungan anak didik saya dan nggak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata," ujarnya seraya menitikkan air mata.

Dalam acara munas ini juga diadakan pemilihan ketua IKA alumni yang nantinya akan mengemban amanat untuk menjadi ketua selama 3 tahun masa jabatan. Pemilihan Ketua dilaksanakan dengan sistem voting secara online sejak tanggal 28 Oktober lalu dengan jumlah pemilih mencapai 1.111 orang.

Ketua IKA SMPN 12 terpilih Ari Pribawanto mengaku bangga terpilih menjadi ketua pertama dan ingin memajukan SMPN 12 Surabaya.

"Saya bangga bisa menjadi bagian dari sejarah pertama kali dibentuk IKA Rolaz dan saya menjadi ketua pertama," jelas pria yang akrab disapa Ari Bogeng ini.

Dalam jangka dekat dirinya menginginkan IKA SMPN 12 menjadi wadah para alumni untuk bisa memberikan suport kepada siswa SMPN 12.

"Saya dan teman-teman alumni ingin memajukan kualitas pendidikan intinya adik-adik SMPN 12," jelas alumni lulusan tahun 1985 ini.

Kepala Sekolah SMPN 12 Libia Mufidah mengaku mendukung pembentukan IKA Alumni ini dengan harapan semakin meningkatkan prestasi para siswa SMPN 12 dan menginginkan nantinya akan ada kelas inspiratif dari para alumni yang berprestasi.

"Sehingga nanti akan ada manfaat keberadaan alumni untuk almamaternya," jelasnya

"Kita ada kelas inspirasi yang nantinya diisi oleh kakak kelasnya yang sudah berhasil," tambahnya.

Beberapa alumni juga mengungkapkan kebanggaannya atas terselenggaranya acara munas yang mempertemukan alumni sejak tahun 1974-2018 ini.

"Semoga munas ini sukses, dan bermanfaat bagi alumni dan khususnya sekolah yang kita cintai," ujar Cahyo alumni 1984.

"Saya sangat surprise sekali melihat kerjanya adik-adik ini dalam mengupayakan agar ada keterikatan antara alumni SMPN 12 dengan sekolahannya, semoga bisa disinergikan sehingga ada manfaat baik untuk alumni maupun sekolah," jelas Sentot Brahmantyo alumni 1974.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter