Beras Untuk Orang Miskin di Banyuwangi Ditemukan Berkutu

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Kondisi beras Rastra yang diterima warga Banyuwangi.

jatimnow.com - Warga penerima bantuan beras sejahtera (Rastra) di Banyuwangi, protes keras. Rastra atau beras yang diperuntukan bagi keluarga miskin dalam kondisi hancur, berwarna kecoklatan, berbau dan berkutu.

Hal itu dialami warga penerima Rastra di Desa Kradenan, Kecamatan Purwoharjo. Salah satunya Edi Santoso, yang bertempat tinggal di Dusun Kaliboyo, Desa Kradenan.

Dia menyesalkan pihak Bulog yang lemah dalam kontrol kualitas rastra yang akan didistribusikan.

"Beras sudah dikemas 10 kg persak dan kami sebagai penerima percaya, karena memang  tidak bisa melihat bagaimana kualitasnya. Apa layak dikonsumsi atau tidak, kan sudah disegel," sesalnya, saat dikonfirmasi, Selasa (20/3/2018).

Dia dan penerima Rastra lainya baru tahu kualitas Rastra yang apa adanya setelah dibuka di rumah masing-masing, Senin (19/3/2018).Dia berencana akan menolak jika Bulog tidak memperhatikan kualitas Rastra.

"Memang benar Rastra gratis, tapi bukan berarti kami makan beras seperti itu kan," tutupnya.

Di Desa Kradenan sendiri untuk alokasi Rastra, Senin (19/3/2018) didistribusika  kepada 591 Kepala Keluarga (KK). Tiap KK menerima rastra10 Kg.

Jumlah penerima rastra tersebar di 5 Dusun. Yakni Dusun Perangan, Krajan, Curahpalung, Kopen dan Kaliboyo.

Disetiap pendistribusian Rastra juga dipantau pihak kepolisian setempat agar berjalan sesuai  prosedur.

Reporter: Irul Hamdani
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter