jatimnow.com
Peringati Hari Pahlawan, Pemuda Surabaya Giatkan 'Kumpul Kampung'

Aktifitas para pemuda di Omah Tua

jatimnow.com - Beragam komunitas pemuda di Surabaya yang terdiri dari komunitas pecinta musik, komunitas seni, komunitas mural dan beragam komunitas lainnya berkumpul di kampung Maspati V, Surabaya.

Mereka menggiatkan kembali Kumpul Pemuda Kampung, serta bagian dari memperingati Hari Pahlawan.

"Ini bagian dari semangat konsolidasi pemuda kampung Surabaya," ujar Koordinator Kumpul Pemuda Kampung Surabaya Abdul Karim Addakil di sela acara, Minggu (11/11/2018) malam.

Dengan gaya kumpul Suroboyoan, para pemuda yang didominasi kaum mahasiswa ini berkumpul di salah satu rumah tua yang terlihat asri di Maspati V.

Rumah yang sekarang menjadi kedai Kopi Omah Tua ini, menjadi tempat kumpul-kumpul pemuda.

"Ada dua poin penting bagi aktivitas komunitas dan kepemudaan, yakni wadah dan jejaring. Dengan wadah yang disediakan ini, diharapkan para pemuda mendapatkan sarana berekspresi yang mampu meraih semangat membangkitkan aktivitas komunitas," katanya.

"Sedangkan jejaring berguna untuk memberikan jalan bagi berbagai komunitas untuk mampu bertukar pikiran, berkolaborasi hingga bergerak bersama," terangnya.

Di Omah Tua yang berdiri sejak tahun 1907 terdapat tumpukan buku-buku jadul (jaman dulu). Kebanyakan buku-buku tersebut bertemakan sosial, politik, budaya dan sastra. Mereka juga menggelar diskusi tentang kepahlawanan.

"Rumah ini sudah tua, tapi baru dua tahun menjadi tempat kumpul dan diskusi. Kami mengajak para pemuda kampung, untuk diskusi langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan agar kreativitas pemuda Surabaya bisa terwadahi," jelasnya.

Loading...

Berita Terkait