Pengakuan Si Perekam Air Terjun Sedudo Menghitam, Benar Pasirkah?

Editor: / Reporter: Mita Kusuma

Air Terjun Sedudo yang menghitam lantaran air bercampur dengan abu daun terbakar di ladang petani.

jatimnow.com - Dua hari terakhir muncul pesan video berantai antar grup WhatsApp mengabarkan Air Terjun Sedudo, Nganjuk yang menghitam. Dalam video pendek itu disebut jika pasir yang mengalir, bukan lagi air.

Siapa yang merekam detik-detik air terjun berubah menjadi hitam? Video berdurasi 1.52 tersebut dibuat Kapolsek Sawahan, Nganjuk, AKP Siran pada Sabtu (10/11/2018).

"Tapi baru viral dua hari ini," katanya kepada jatimnow.com melalui sambungan telepon, Rabu (14/11/2018).



Ia menegaskan bahwa yang keluar itu bukan pasir. Namun bekas daun terbakar yang ada di kawasan hulu Air Terjun Sedudo.

"Kan ada petani membakar daun-daun kering yang ada di ladangnya. Nah yang jatuh berwarna hitam itu bukan pasir tapi air yang bercampur dengan bekas bakaran daun," urainya.

Menurutnya, fenomena seperti itu biasa terjadi. Apalagi musim pertama hujan, dan kebetulan ada petani yang bakar-bakar di lahan yang ada di bagian hulu Air Terjun Sedudo.

"Informasinya demikian. Setiap hujan pertama dan kebetulan ada yang membakar pasti air terjunnya hitam. Tapi hanya satu jam saja," pungkasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter