BBKSDA Pastikan Ada Kemunculan Buaya di Sungai Bengawan Solo

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Avirista Midaada

Sungai Bengawan solo tempat munculnya buaya

jatimnow.com - Kabar dugaan penemuan buaya di Sungai Bengawan Solo akhirnya dibenarkan oleh pihak instansi terkait usai melakukan pengamatan sepanjang hari Jum'at ini (16/11/2018).

Kepala Balai Besar Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah II, Andik Sumarsono memastikan kabar penemuan buaya di Sungai Bengawan Solo, Bojonegoro setelah melihat sendiri buaya tersebut.

"Saya memastikan ada, karena saya tadi cek lokasi dan melihat langsung dari pinggir sungai. Buaya muncul dipermukaan di tengah sungai," ujar Andik saat dihubungi jatimnow.com.

Ia menduga buaya yang masuk ke Sungai Bengawan Solo merupakan jenis buaya muara atau buaya air asin yang kerap terlihat di pesisir laut.

"Buaya liar dari muara yang naik ke sungai itu jenisnya. Karena faktor perubahan cuaca, buaya itu bergeser untuk mencari makanan," jelasnya.

Namun saat ditanya apakah jumlahnya sebanyak yang dilaporkan masyarakat yakni 6 ekor, Andik menampiknya.

"Kalau jumlahnya tidak sebanyak yang diberitakan kayaknya. Dari pengamatan saya di lokasi tadi antara 3 sampai 4 ekor saja," ungkapnya.

Sebelumnya, warga Sungai Bengawan Solo tepatnya antara Desa Kalisari dan Lebaksari Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro dan Desa Jepuro, Kecamatan Widang, Tuban, dibuat geger pada Kamis sore kemarin 15 November 2018 lantaran adanya warga yang diduga melihat 6 ekor buaya tengah berada di permukaan Sungai Bengawan Solo dan sempat menepi.

Warga yang ketakutan langsung melaporkan kejadian tersebut ke perangkat desa diteruskan ke aparat keamanan dan instansi terkait.







jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter