Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya Perebutkan Hadiah Senilai Rp 118 Juta

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Arry Saputra

Kepala Dispora Pemprov Jatim Supratomo

jatimnow.com - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menggelar Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya (Mojosuro) 2018.

Diperkirakan sebanyak 10 ribu peserta akan memeriahkan gelaran yang diadakan pada Sabtu (1/12/2018) mendatang.

Kepala Dispora Pemprov Jatim Supratomo mengatakan, untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November, Gerak Jalan Perjuangan ini dilakukan untuk memeriahkan sekaligus mengenang jasa para pahlawan.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, peserta Gerak Jalan Perjuangan ini diwajibkan berjalan menempuh jarak sejauh 56 kilometer. Titik start dimulai dari Lapangan Raden Wijaya Kota Mojokerto dan berakhir di Tugu Pahlawan, Kota Surabaya," ucap Supratomo saat jumpa pers di Kantor Dispora Jatim, Senin (19/11/2018).

Dalam gelaran yang diadakan tahun ini para peserta diberikan keringanan. Pihak panitia memberikan waktu istirahat selama 20 menit. Waktu tersebut diberikan ketika peserta sudah mencapai di dua pos yang disediakan.

"Yakni di Pos Krian di kilometer 24.5 dan Pos Sepanjang di kilometer 17 baru finish. Saya harap para peserta menggunakan waktu yang disediakan itu dengan sebaik-baiknya.

Gerak Jalan Perjuangan Mojosuro 2018 ini memperebutkan sejumlah hadiah dengan total Rp 118 juta. Hadiah tersebut akan diberikan kepada peserta yang dianggap memenuhi sejumlah kriteria.

Yakni, ketepatan waktu tempuh, keselarasan barisan dan kekompakan. Penilaian ini akan dilakukan oleh 400 juri.

Berbeda dari tahun sebelumnya, para juri disampaikan Supratomo juga akan menilai berdasar kriteria keunikan kostum yang dikenakan peserta Gerak Jalan Perjuangan Mojosuro 2018.

"Tahun ini akan ada penilaian pakaian terunik, karena kan biasanya peserta menggunakan pakaian yang aneh-aneh, ada pocong, seperti itu. Tahun ini kita sediakan pemenang bagi kriteria pakaian terunik," lanjutnya.

Sistem penilaian pada event ini juga disampaikan mantan Kepala Biro Humas Protokol Pemprov Surabaya ini.

Yakni, menggunakan sistem barcode tiap peserta. Cara ini diterapkan agar peserta Gerak Jalan Perjuangan Mojosuro 2018 tidak bisa diganti dengan peserta lain. Juga, hasil penilaian oleh para juri bisa diketahui secara langsung.

"Agar kegiatan berjalan lancar, kami melibatkan sekitar 400 personel pengamanan yang berasal dari Polda Jatim, Polresta Sidoarjo, Polres Mojokerto serta beberapa instansi samping. Pengamanan dari pihak peserta secara mandiri juga ada," katanya.

Untuk dapat mengikuti dan memeriahkan acara tersebut masyarakat dapat mendaftarkan diri secara online melalui www.gjpdisporajatim.com. Selain itu juga bisa secara langsung dengan mendatangi pihak panitia Dispora Pemprov Jatim.

"Pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga berakhir pada hari Sabtu, tanggal 1 Desember 2018 mendatang. Baik perorangan maupun beregu dengan usia minimal 17 tahun keatas," tandasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter