Menengok Bisnis Fotografi Khusus Balita di Ponorogo

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Fotografer sedang memotret balita

jatimnow.com - Memotret seorang model memang membutuhkan skil fotografi yang mumpuni, agar karya yang dihasilkan menjadi sempurna. Namun jika obyek yang difoto adalah bayi dibawah lima tahun (balita) tentu memiliki tingkat kesulitan khusus.

Di Ponorogo, kini bermunculan fotografer yang mengkhususkan diri memotret model-model balita. Hal ini tak lepas dari banyaknyak keinginan para orang tua mengabadikan momen kelucuan buah hatinya ke dalam foto yang indah.

Feby Tusa, salah satu fotografer balita di Ponorogo ini tak pernah sepi order mengabadikan kelucuan para model cilik dengan berbagai pose.  

"Ya gampang-gampang susah. Harus telaten mengingat balita tidak bisa diarahkan untuk bergaya," kata Feby, mengawali perbincangan dengan jatimnow.com, Sabtu (1/12/108).

Feby menambahkan, seorang fotografer balita harus pandai menangkap momen-momen ekspresi lucu sang model yang natural.

"Pokoknya sabar dan memahami tingkah sang model dulu," imbuhnya.

Ia mengatakan, awalnya profesi sebagai fotografer balita ini hanya sebuah hoby. Karena diminta oleh teman dekatnya untuk memotret anak-anaknya. Baru kemudian, semakin banyak yang meminta.

"Ya dari mulut ke mulut sebenarnya promosinya. Akhirnya saya buka usaha ini. Sudah 4 tahunan," tambahnya.



Ia menyebutkan, untuk memotret balita itu perlu kesabaran ekstra. Mulai dari memakaikan kostum hingga menempatkan balita pada posisi yang diinginkan. Tak jarang Feby harus meletakkan kamera, kemudian menimang balita karena sang bayi tiba-tiba menangis.

"Harus sabar nih, kayak sekarang ini. Saya memakaikan baju khas reog, si bayi dipakaikan kain hijau kemudian dikasih bando merak gitu. Kalau bayinya nangis ya harus ditimang dulu," terangnya.

Feby menambahkan, berdasar pengalamannya, waktu yang dihabiskan mulai dari mendandani dan menimang balita sampai tertidur lelap lebih dari dua jam.

"Waktunya bisa dua jam atau lebih," bebernya.

Ditanya masalah harga? Feby mengatakan harga cukup bersahabat. Tergantung permintaan orang tua.

"Kalau harga mulai dari Rp 250 ribu sampai Rp 1 juta. Tergantung permintaan orang tua," urainya,

Senja Nirmala, salah satu klien Feby mengatakan tertarik mengabadikan moment anaknya karena lagi musim mengabadikan ekspresi sang buah hati ke dalam foto yang profesional.

"Banyak di kota besar. Ponorogo pun juga ada. Makanya saya tertarik. Pengen mengabadikan moment," terangnya.

Banyaknya permintaan memotret balita ini, membuat fotografer khusus balita terus bermunculan di Ponorogo. Hal ini semakin menambah ramai dunia fotografi, khususnya fotografi balita.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter