Pemkab Ponorogo Tanam 1.200 Pohon 'Bunga Sakura' Mirip di Surabaya

Penannaman pohon tabebuya chrysanta di Ponorogo

jatimnow.com - Pemandangan di Kabupaten Ponorogo bakal dihiasi dengan bunga mirip sakura di Jepang. Hal ini meyusul penanaman pohon tabebuya chrysanta atau sakura kuning oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemkab Ponorogo di beberapa ruas jalan.

"Sudah dua pekan ini kami menanami. Akan berbunga dua tahun lagi," kata Kepala DPU Ponorogo, Jamus Kunto, Selasa (4/12/2018).

Penanaman ini sendiri, lanjutnya, sudah direncanakan sejak akhir 2017 silam. Namun pelaksanaan dipilih pada musim penghujan tahun ini.

"Tapi tidak mungkin kami menanam dalam akhir musim penghujan. Makanya kami taman sekarang pas musim penghujan," tambah Jamus.

Ia menjelaskan, tidak hanya pohon bunga tabebuya chrysanta saja yang ditanam. Ada juga pohon jenis glodokan. Totalnya ada 1.200 pohon yang ditanam.

"Kami tanam di pinggir jalan yang dipelihara UPTD PU. Misal di Babadan (Jalan Raya Madiun-Ponorogo)," bebernya.

Saat dikonfirmasi apakah penanaman pohon yang mirip bunga sakura seperti di Kota Surabaya, Ia mengaku, alasan dipilihnya tanaman bunga tabebuya chrysanta dan glodokan diantaranya, perakaran tidak membahayakan kontruksi, pertumbuhan pohon cepat, serta tidak mudah patah.

"Jadi alasan-alasan seperti itu yang membuat kami menanam.  Bukan meniru Surabaya loh ya," tambahnya.

Tujuan utamanya, lanjut ia,  untuk melengkapi jalan dengan vegetasi karena yang ada sudah dipotong karena berusia tua.

"Banyak dipotong. Kita harus menyiapkan vegetasi untuk lingkungan kita," pungkasnya.

Berita Terkait