Pemkab Ponorogo Raih Penghargaan di Bidang Ketahanan Pangan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Bupati Ipong saat menerima penghargaan daru Gubernur Jawa Timur

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo kembali meraih penghargaan di tahun 2018. Di bawah pimpinan Bupati Ipong Muchlissoni dan Wakil Bupati, Soedjarno meraih penghargaan bidang ketahanan pangan se Provinsi Jawa Timur (Jatim).

"Alhamdulilah, awal November lalu saya menerima penghargaan di bidang pertanian. Itu menambah panjang prestasi Pemkab Ponorogo," terang Bupati Ipong, Selasa (4/12/2018).

Ia menjelaskan, prestasi ini diberikan Pemprov Jatim terhadap Pemkab Ponorogo yang dianggap sukses memanfaatkan puluhan ribu hektar lahan non pertanian itu menjadi lahan produktif dan berkomoditas tinggi.

"Lahan marginal itu lahan non pertanian, seperti pekarangan, tegalan. Nah ini yang dimanfaatkan oleh masyarakat bersama Pemkab jadi lahan produktif," imbuhnya.

Menurutunya, di Kabupaten Ponorogo sendiri  sedikitnya ada 38 ribu lahan marginal yang tersebar disejumlah Kecamatan seperti Pudak, Sawo, Sampung, Badegan, Pulung dan Slahung. Kini lahan-lahan yang semula berupa pekarangan, tegalan, dan kebun kosong itu menjadi lahan produktifitas tinggi.

"Seperti peternakan sapi di Kecamatan Pudak, Kebun minyak Kayu Putih di Kecamatan Pulung, serta perkebunan tanaman holtikultura, dan tanaman rumahan," terang orang nomor satu di Ponorogo ini.

Ipong menyebutkan, keberhasilan ini merupakan kerja sama antara Pemerintah dan Masyarakat.

"Hasil kerja keras bersama," tegasnya.

Kedepan, lanjutnya, untuk semakin memaksimalkan upaya pemanfaatan lahan marginal ini, pihaknya akan mengintensifkan sosialisasi ke masyarakat dan pemberian bantuan pupuk serta penunjang produktifitas lahan marginal.

Selain Ponorogo, ada 5 Kabupaten/Kota lain yang mendapatkan penghargaan dari Gubernur Bidang Ketahanan Pangan. Seperti Kabupaten Banyuwangi, Kota Malang, Kota Lamongan dan Kabupaten Ngawi.(ADV)














jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter