Jalur Baron-Nganjuk Dikerjakan, Perjalanan KA Terhambat

Rabu, 13 Mar 2019 18:41 WIB
Reporter :
Mita Kusuma
Pekerjaan double track

jatimnow.com - Pekerjaan jalur ganda (double track) kereta api (KA) di wilayah kerja Daop 7 Madiun terdiri dari dua paket yaitu paket jalur ganda Madiun-Kedungbanteng (JGMK) dan jalur ganda Jombang-Madiun (JGJM).

Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan bahwa progres pekerjaan masih terus berjalan. Diperkirakan, Kamis (14/3/2019) esok, akan dilakukan switchover tahap I, segmen Stasiun Baron, Sukomoro, dan Nganjuk.

Panjang jalur ganda yang akan dilakukan switchover mulai dari Stasiun Baron KM 103+000 sampai Stasiun Nganjuk KM 119+750 atau sejauh 16.750 M.

Baca juga: Penutupan Jalur Madiun-Nganjuk Minim Sosialisasi

"Besok mulainya. Sekitar 16.7 km akan dipasang jalur ganda," kata Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, Rabu (13/3/2019).

Nantinya akan dilakukan beberapa tahap pekerjaan, pada H-1 dilaksanakan ceklist persiapan dan pemeriksaan lintas yang ada di emplasemen Stasiun Baron dan di petak jalan antara Baron-Sukomoro.

Untuk Stasiun Sukomoro akan dilakukan penutupan jalur III eksisting dikarenakan penyambungan jalur ke jalur III baru.

Baca juga: Jalur Madiun-Nganjuk Ditutup Total, Perjalanan KA Juga akan Terhambat

Sedangkan di Stasiun Nganjuk dilakukan pembongkaran perlintasan/JPL98 dan diganti dengan sand bag, serta penggantian plat sambung.

\

"Besoknya pasti ada keterlambatan kereta api karena dilakukanya switchover jalur ganda Baron, Sukomoro, Nganjuk. Karena pada proses pelaksaannya akan ada pemasangan semboyan pembatas kecepatan hingga penutupan jalur di ke 3 stasiun tersebut (Baron, Sukomoro, Nganjuk)," tambahnya.

Ia mengatakan karena KA melintas hanya diijinkan 40 km/jam. Kemudian dipasang semboyan 3 atau penutupan jalur +/- 180 menit.

Baca juga: Mulai Nanti Malam Jalur Madiun-Nganjuk Ditutup Total

"Kami minta maaf jika ada keterlambatan," pungkasnya.

 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Nganjuk

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler