Pilwali Malang 2024, Napi Lapas Perempuan dan Lowokwaru Bakal Ikut Coblosan

Rabu, 25 Sep 2024 19:29 WIB
Reporter :
Gerhana
Ilustrasi.

jatimnow.com - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di dua lapas di Kota Malang, yakni Lapas Perempuan Kelas II A Malang dan Lapas Kelas I Lowokwaru bakal ikut coblosan Pilkada 2024. 

Ketua KPU Kota Malang, M Toyyib mengatakan, pihaknya menyiapkan enam tempat pemungutan suara (TPS) di dua lokasi khusus (loksus) yakni dua lapas tersebut untuk pelaksanaan tahapan pemungutan suara Pilkada 2024.

Masing-masing satu TPS di Lapas Perempuan dan lima di Lapas Lowokwaru. Sedangkan untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di lapas masih dalam penghitungan.

Baca juga: Deny - Mudawamah Awali Masa Kampanye Pilbup Kediri dengan Ziarah

"Jumlah calon pemilih di lapas belum selesai, jadi yang di loksus masih proses penghitungan," kata Toyyib, Selasa (24/9/2024). 

KPU Kota Malang mencatat, jumlah total DPT pada Pilkada 2024 di wilayah tersebut sebanyak 660.774 jiwa, terdiri dari 323.167 pria dan 337.577 wanita.

Baca juga: Spesifikasi dan Tugas Walpri yang Disiapkan Mengawal Pilbup Bojonegoro

Dikatakannya, masih ada potensi penambahan DPT untuk Pilkada 2024 yang masuk dari pemilih di dua lapas tersebut.

\

"Potensi penambahan pemilih memungkinkan adanya, karena biasanya ada perpindahan penghuni lapas itu dan kadang-kadang ada tambahan jadi dinamis," jelasnua. 

Baca juga: KPU Kabupaten Kediri Terima Si Jalih, Maskot Pilkada 2024

Saat ini Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Malang, Ketut Akbar Herry Achjar mengatakan, jumlah WBP Lapas Kelas 1 Malang yang telah ditetapkan menjadi DPT yakni 2.573 orang.

"Ini berdasarkan dari hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Walikota dan Wakil Walikota Malang Tahun 2024 pada tanggal 20 September 2024," ujar Herry, Rabu (25/9/2024). 

Ikuti perkembangan berita terkini Jawa Timur dan sekitarya di Aplikasi jatimnow.com!
Berita Malang

Berita Terbaru
Tretan JatimNow

Terpopuler